Jakarta (ANTARA) - Bekerja dari rumah (working from home/WFH) sudah diterapkan oleh sejumlah perusahaan. Namun, tak dipungkiri bahwa WFH terkadang menumbuhkan rasa jenuh.

 Aplikasi Linipoin pada Selasa, membagikan sejumlah rekomendasi aktivitas seru untuk usir rasa bosan namun tetap bisa produktif saat bekerja dari rumah.

Atur area kerja bernuansa alam
Menanam dan melihat tanaman sekarang kian menjadi hobi favorit karena menyegarkan.

Anda bisa menempatkan beberapa tanaman di meja kerja ataupun sudut ruangan. Beberapa tanaman yang bisa menjadi referensi seperti tanaman ivy (Hedera helix), kaktus, lidah mertua, atau tanaman hijau lainnya. Jenis -jenis tanaman ini sangat mudah dirawat.

Selain mempercantik dekorasi area kerja, menaruh tanaman di dalam ruangan juga dapat bermanfaat bagi kesehatan, seperti misalnya memperbaiki kualitas udara, meningkatkan kelembaban, dan mengurangi stres.

Baca juga: Kiat enyahkan sakit punggung saat "WFH" di tengah PPKM darurat

Musik
Tidak seperti jika WFO yang semangatnya “dipaksa” untuk keluar karena harus menempuh perjalanan ke kantor, biasanya mood dan semangat ini membutuhkan usaha lebih besar untuk “dipaksa” jika bekerja di rumah. Apalagi ditambah dengan adanya distraksi dari keluarga, lingkungan rumah, ataupun hal lainnya.

Untuk mengatasinya, Anda bisa merangsangnya lewat mendengarkan musik di radio. Selain pilihan musik yang sudah dikurasi khusus untuk menemani aktivitas pagi para pendengar, Anda juga bisa mendengarkan celotehan ringan para penyiar radio yang kadang mengundang gelak tawa.

Segarkan pikiran lewat games dan kuis
Setelah berjam-jam berkutat dengan dokumen dan meeting virtual, Anda bisa sedikit refresh dengan bermain game ringan. Salah satu yang bisa menjadi referensi adalah Linigames yang terdapat pada aplikasi Linipoin, aplikasi user friendly dari Codify, bagian dari ekosistem digital Surge.

Olahraga ringan
Selain banyak konsumsi air putih, berolahraga ringan juga sangat dianjurkan ketika Anda banyak menghabiskan aktivitas di rumah saja. Beberapa gerakan sederhana yang bisa dilakukan seperti misalnya menengokkan kepala ke kiri dan kanan secara bergantian, melakukan gerakan memutar pada pergelangan tangan, merentangkan kedua tangan dan menahannya beberapa detik, serta menekuk leher ke samping dan letakkan telinga kiri ke bahu kiri dan sebaliknya.

Update dengan berita terbaru
Melakukan kegiatan di rumah bukan berarti jadi kudet alias kurang update. Di tengah kondisi yang terjadi, penting bagi kita untuk selalu update dengan informasi-informasi yang terjadi di sekitar, mulai dari update kasus COVID-19, kebijakan pemerintah, hiburan sampai berita selebriti.

Kanal berita News di aplikasi Linipoin sekarang telah terintegrasi dengan media daring Hops.id yang punya 6 kanal pemberitaan lingkup nasional, daerah, hingga seputar hobi kuliner dan Kpop.

Baca juga: Beijing dan kota di China terancam banjir, perusahaan terapkan WFH

Baca juga: Lima camilan khas Indonesia untuk temani WFH

Baca juga: Kiat tingkatkan kolaborasi kerja selama PPKM Darurat

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021