Melalui TMMD, pembangunan menyasar mulai dari pedesaan, daerah-daerah terisolir, tertinggal, rawan bencana
Pontianak (ANTARA) - Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII/Tanjungpura Letkol (Inf) Hendra Purwanasari mengatakan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim 1202/Singkawang, di Desa Sentangau Jaya, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat turut membantu percepatan pemerataan pembangunan di desa itu.

"TMMD yang dilaksanakan oleh Kodam XII/Tpr di tengah merebaknya pandemi COVID-19 adalah salah satu upaya TNI untuk membantu pemerintah daerah dalam mengakselerasi pembangunan di wilayahnya," kata Hendra Purwanasari, di Bengkayang, Selasa.

Selaku Tim Wasev TMMD Kodam XII/Tpr dalam kesempatan tersebut, Kapendam XII/Tpr didampingi Dansatgas TMMD Letkol Inf Condro Edi Wibowo meninjau langsung pelaksanaan Program TMMD, agar dilaksanakan secara tepat sasaran dan tepat guna.

"Di tengah pandemi COVID-19 saat ini bukan berarti kita harus berdiam diri, masih banyak hal positif yang bisa dilakukan, namun harus tetap mengedepankan protokol kesehatan. TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD menjadi salah satu upaya percepatan pembangunan di masa pandemi," katanya pula.

Menurut Kapendam, selain mempercepat pembangunan, Program TMMD juga sebagai upaya pemerataan pembangunan, karena pembangunan tidak lagi terkonsentrasi di wilayah perkotaan saja.

Namun melalui TMMD, pembangunan menyasar mulai dari pedesaan, daerah-daerah terisolir, tertinggal, rawan bencana, daerah perbatasan, wilayah pascakonflik dan wilayah perkotaan yang kumuh

"Pelaksanaan TMMD ke-111 sangat membantu percepatan pemerataan pembangunan hingga ke pelosok desa, daerah terpencil dan wilayah perbatasan," kata Hendra.

Kepada awak media, Kapendam mengucapkan terima kasih atas kerja sama selama ini, sehingga kegiatan TMMD di wilayah Kodam XII/Tpr dapat terpublikasikan dengan baik. Menurutnya, masyarakat perlu memperoleh informasi terkait TMMD.

"Diharapkan publikasi ini dapat berpengaruh positif bagi seluruh masyarakat Indonesia, apalagi dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi sangat berpengaruh terhadap perubahan pola pikir anak bangsa, sehingga kita harus memberikan edukasi melalui pemberitaan-pemberitaan yang dapat membangun semangat nasionalisme," katanya lagi.

Baca juga: TNI bersama Puskesmas Anreapi gelar vaksinasi massal di lokasi TMMD
Baca juga: TMMD di Tapin berikan wawasan kebangsaan kepada anak anak

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021