Jakarta (ANTARA) - Mobil vaksinasi keliling menyasar enam titik di Jakarta Selatan pada Selasa sebagai upaya meningkatkan cakupan warga mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 untuk mendukung kekebalan kelompok.

"Warga bisa daftar langsung di tempat," kata Camat Tebet Dyan Airlangga di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, setiap mobil vaksinasi keliling memiliki kuota rata-rata sekitar 200 vaksin.
Salah satu titik di Jaksel yang didatangi mobil vaksinasi keliling yakni di Stasiun Manggarai di Kecamatan Tebet.

Berdasarkan informasi dari Suku Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfotik) Jakarta Selatan melalui akun Instagram @kominfotikjs, sebaran vaksinasi di Jakarta Selatan ada di enam titik pada Selasa ini.

Enam titik tersebut yakni di halaman Stasiun Manggarai Kecamatan Tebet yang diadakan pukul 10.00-14.00 WIB. Kemudian di Kost 79 (Oyo) Kelurahan Karet Kuningan, Setiabudi mulai pukul 09.00-13.00 WIB.

Baca juga: Pemprov DKI siapkan 16 mobil vaksinasi keliling

Selanjutnya di TK Khadijah di Jalan Saidi I Petukangan Selatan pukul 08.00-12.00 WIB dan Kantor Kelurahan Cipedak pukul 13.00-17.00 WIB.

Selain itu, ada di RPTRA Bahari, Gandaria Selatan  mulai pukul 08.00-12.00 WIB dan di Kantor Camat Mampang di Kelurahan Tegal Parang pukul 08.00-12.00 WIB.

Dyan menambahkan mobil vaksinasi keliling beroperasi ke sejumlah lokasi mempertimbangkan cakupan warga yang sudah tervaksin.

Apabila jumlah warga yang divaksin di suatu wilayah masih rendah berdasarkan data yang dikumpulkan Pusdatin DKI Jakarta maka mobil vaksinasi akan dikerahkan di titik tersebut untuk menjangkau masyarakat agar divaksin.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan 16 mobil vaksinasi keliling yang dapat menjangkau masyarakat di permukiman padat maupun komplek perumahan.

Baca juga: Mobil vaksin keliling untuk genjot cakupan vaksinasi di Jaksel

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan mobil keliling itu di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (7/7).

"Sebanyak 16 mobil vaksinasi itu bekerja untuk menjemput masyarakat yang memiliki kendala saat mendatangi lokasi-lokasi vaksinasi yang sudah ada sekarang," kata Anies.

Sebanyak 16 mobil vaksinasi keliling yang disiapkan berasal dari semua unsur, yakni tiga dari Polda, tiga dari Kodam, dua dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, lima dari Pemprov DKI Jakarta serta tiga mobil dari PT Magetan Mediatama.

Kalangan pengusaha yang tergabung dalam Aprindo, Hippindo dan Kadin Indonesia mengerahkan tenaga kesehatan dan relawan yang membantu vaksinasi keliling.

Dengan adanya mobil vaksinasi keliling ini diharapkan target pemerintah untuk memberi suntikan kepada 7,5 juta warga DKI Jakarta pada akhir Agustus 2021 dapat tercapai sehingga kekebalan kelompok (herd immunity) di ibu kota dapat terbentuk.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021