Kemnaker gelar apel dan doa bersama harap pandemi segera berakhir

Kemnaker gelar apel dan doa bersama harap pandemi segera berakhir

Tangkapan layar doa bersama di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan yang digelar secara virtual. (ANTARA/HO-Kemenaker)

Dapat beradaptasi dengan cepat dalam perubahan pola kerja baru
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan menggelar apel dan doa bersama secara virtual yang diikuti seluruh pegawai baik yang berada di pusat maupun di daerah, berharap dan meminta kepada Sang Pencipta agar pandemi COVID-19 segera berakhir.

"Melalui kegiatan ini, kita berdoa seraya memohon pertolongan kepada Allah Swt., Tuhan Yang Maha Kuasa, agar beban kita diringankan, agar masyarakat dan bangsa Indonesia dan dunia dapat terbebas dari pandemi COVID-19 ini," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Ida mengatakan dalam menghadapi situasi yang sulit ini, selain ikhtiar dengan berbagai usaha lahiriah yang telah dilakukan, juga wajib melakukan ikhtiar batiniah melalui doa bersama seperti yang dilakukan Kemnaker.

Pandemi telah menimbulkan ketidakpastian dan keprihatinan yang masih berlangsung bagi bangsa Indonesia. Kendati demikian, Ida berharap semuanya tetap mampu produktif dan memberikan kinerja terbaik sebagai bentuk tanggungjawab kepada masyarakat dan negara.

Di sisi lain, pandemi juga mengharuskan semua orang mesti beradaptasi dengan kondisi yang baru, seperti pola kerja.

Baca juga: Indonesia ajak negara ILO pulihkan dampak COVID-19 untuk dunia kerja

Baca juga: Menaker: Program vaksinasi perkuat kesehatan dan pelindungan pekerja


Ida mengaku tidak mudah mengubah pola kerja yang selama ini terbiasa dilakukan secara konvensional yakni dengan tatap muka, kemudian berubah menjadi dalam jaringan/online dari masing-masing tempat kedudukan pegawai.

"Namun, kita wajib dapat beradaptasi dengan cepat dalam perubahan pola kerja baru tersebut agar dapat mendukung tetap terlaksananya pekerjaan dan tercapainya target kinerja kita," kata dia.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa sejak diterbitkannya Surat Edaran Menteri PAN dan RB Nomor 14 Tahun 2021, Kemnaker telah menerapkan bekerja dari rumah (WFH) secara penuh kepada para pegawai dan membatasi kegiatan kedinasan Kemnaker.

"Ini lagi-lagi sebagai salah satu upaya dan ikhtiar kita untuk mengurangi penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat," ucapnya.

Sebelum menutup acara doa bersama, Ida atas nama pribadi dan Kemnaker menyampaikan duka cita yang mendalam kepada semua korban pandemi yang telah meninggal.

"Mari kita doakan mereka semuanya mendapatkan rahmat dan ampunan Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Kita doakan juga semoga semua saudara dan saudari kita yang saat ini terpapar COVID-19 segera diberikan kesehatan kembali," kata dia.

Baca juga: Kemnaker vaksinasi COVID-19 untuk 4.422 pegawai pusat dan daerah

Baca juga: Kemnaker paparkan kebijakan atasi dampak pandemi COVID-19

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Polres Pelabuhan Belawan tangkap sindikat pemalsu data prakerja

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar