Jakarta (ANTARA) - Fotografi saat ini tidak hanya berkembang dari segi kameranya tapi juga dari segi gawainya, seperti yang tengah berkembang saat ini para pemain di industri ponsel pintar berlomba- lomba menghasilkan smartphone photography yang memiliki hasil jepretan tak kalah ciamik dengan kamera digital.

Memahami tren fotografi sangat penting karena bisa menjadi referensi untuk menciptakan foto yang kekinian mengikuti kondisi dan kebutuhan. Sama halnya seperti yang dilakukan oleh fotografer ternama Indonesia Rio Wibowo, yang terkenal dengan panggilannya “Rio Motret”, ia mengaku bahwa ia senang dengan portrait photography karena menciptakan emosional gambar yang ia jepret.

Brand Ambassador OPPO Indonesia ini pun memberikan tips mengenai cara mengambil foto hanya dengan berbekal smartphone namun bisa menghasilkan citra yang jernih layaknya kamera profesional. 

Rio memilih menggunakan perangkat OPPO Reno6 yang menawarkan keunggulan fitur “Bokeh Flare Portrait”. Menurutnya, fitur Portrait yang ada di OPPO Reno6 cukup canggih dan bisa dikomparasi dengan kamera mirrorless atau DSLR.

“Hasilnya hampir serupa sehingga sekilas tidak bisa dibedakan mana foto hasil dari smartphone OPPO Reno6 dan mana yang dari kamera pro,” tutur Rio Motret.

Baca juga: Tips foto "instagrammable" ala Rio Motret

Baca juga: Mengenal macam- macam "Portrait Photography"


Untuk bisa menghasilkan foto portrait yang bagus dengan berbekal smartphone, Rio pun tak pelit berbagi ilmu.

Berikut tips foto portrait dari Rio Motret dengan kamera OPPO Reno6:

1. Dekatkan kamera smartphone agar fokus ke objek yang ingin dibidik saat mengambil gambar.

2. Pastikan cahaya yang mencukupi dan manfaatkan cahaya alami seperti sinar matahari yang akan membuat hasil gambar terlihat natural.

3. Pertimbangkan background yang menarik, pilih latar belakang yang menarik seperti daun, bunga atau lampu-lampu hiasan yang akan membuat hasil gambar terlihat lebih bagus.

4. Berikan jarak beberapa meter antara objek dengan background, agar efek blur terlihat lebih natural, dan yang terakhir,

5. Perhatikan proporsi objek yang akan difoto. Foto Portrait biasanya menggunakan objek wajah manusia. Oleh karena itu Rio menganjurkan pengambilan foto difokuskan pada area wajah sampai dada.

Untuk menciptakan portrait photography yang maksimal anda juga memperhatikan kondisi pencahayaan sekitar.

Fitur “Bokeh Flare Portrait” pada kamera OPPO Reno6 secara otomatis mampu menyesuaikan kondisi pencahayaan antara objek dan background foto. Ketika pencahayaan gelap, bisa disiasati dengan menggunakan lampu LED sebagai tambahan.

Fitur “Bokeh Flare Portrait” ini menjadi salah satu keunggulan fitur yang ditawarkan dari lini seri OPPO Reno6. Selain untuk kebutuhan memotret, fitur ini juga bisa dipakai saat merekam video.

Fitur ini menjadikan tren baru untuk anak muda untuk semakin kreatif dalam membuat konten foto ataupun video. “Bokeh Flare Portrait” memiliki teknologi terbaru dengan adanya algoritma artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan yang mampu menampilkan bokeh dinamis, kaya akan warna, namun tetap membuat subjek pada gambar dalam kondisi terang dan jelas.

Baca juga: Tips berfoto gaya natural saat Lebaran

Baca juga: Tips memaksimalkan ponsel untuk fotografi malam hari


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021