Jakarta (ANTARA News) - Tujuh petenis Indonesia tampil pada hari pertama kualifikasi Turnamen Tenis Alfamart International ITF Women`s Circuit di kompleks Stadion Tenis Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu.

Ketujuh petenis tersebut ialah Voni Darlina, Hanemas Pangestu, Isabella Kimberly, Bella Destriana, Nadia Yahya Taher Tjahjana, Ajeng Aquinia, Lauren Joanna Lang.

Voni, perempat finalis seri pertama Turnamen Womens Circuit ini, menghadapi Hanemas Pangestu. Di atas perhitungan normal Voni bakal dapat mengatasi Hanemas, karena secara kualitas Voni dapat dikatakan lebih baik ketimbang Hanemas.

Selanjutnya Isabel menghadapi Ya Zhou (China), Bella vs Maya Wakui (Jepang), Nadia vs Ekaterina Klyueva, Ajeng vs Chan Hau-Ching (Taiwan), Sharani vs Janina Mistecky (Jerman), Lauren vs Yoshino Sayaka (Jepang). Rangkaian pertandingan hari pertama kualifikasi ini dimulai pukul 09.00 WIB.

Pertandingan babak kualifikasi tersebut diikuti hanya 19 petenis. Padahal terdapat 32 tempat yang dapat diisi oleh peserta. Dari jumlah itu, sepuluh di antaranya ialah petenis Indonesia yang umumnya masih merupakan pemain junior.

Minimnya jumlah peserta ini diduga karena di sejumlah tempat juga berlangsung turnamen serupa, misalnya di Thailand. Itu sebabnya Turnamen Direktur Teddy Tanjung menyatakan semestinya turnamen-turnamen ini diatur sedemikian rupa sehingga jadwal pelaksanaannya tidak bersamaan. Kewenangan mengatur jadwal turnamen ini ada di ITF, Federasi Tenis Internasional.

"Mestinya di kawasan ASEAN jadwanya harus diatur sedemikian rupa agar tidak bersamaan. Sementara di tingkat nasional juga demikian," tutur Teddy belum lama ini.

Hal ini perlu dievaluasi agar para pemain, utamanya pemain kita, memiliki kesempatan untuk mengikuti turnamen internasional di Indonesia, karena ini sangat bermanfaat untuk menaikkan peringkat mereka di dunia. Dengan peringkatnya naik, pemain bersangkutan akan memiliki modal yang baik untuk mengikuti turnamen internasional lainnya, katanya.

Pada babak kualifikasi ini para petenis yang tampil seluruhnya tidak memiliki peringkat internasional. Itu sebabnya tidak ada pemain yang diunggulkan di babak kualifikasi ini.

Minimnya jumlah peserta ini membuat sejumlah pemain memperoleh kemenangan bye atau tanpa tanding di babak pertama. Karena itulah pertandingan hari Minggu ini ada yang masih di babak pertama dan sebagian lagi langsung di babak kedua.

Pertandingan yang langsung memasuki babak kedua yakni, Voni vs Hanemas, Lauren vs Yoshino, Sharani vs Mistecky, Ajeng vs Chan.

Pertandingan babak kualifikasi dijadwalkan berlangsung hari Minggu ini dan Senin besok. Dari babak kualifikasi ini nantinya akan diambil delapan terbaik yang berhak maju ke babak utama, yang mulai dipertandingkan hari Rabu.

Pertandingan babak utama akan diikuti 32 pemain.

Sementara pertandingan hari pertama babak kualifikasi berlangsung di tempat terpisah di kompleks lapangan tenis Elite Club Epicentrum, Kuningan, Jakarta, berlangsung pertandingan babak final seri pertama turnamen ITF Women`s Circuit ini.

Di babak final ini pemain unggulan kelima dari Indonesia, Sandy Gumulya, ditantang petenis Selandia Baru bukan unggulan keturunan Thailand, Katherine Westbury.Pertandingan babak final ini berlangsung mulai pukul 11.00 WIB.(*)
(ANT-133/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010