Shanghai (ANTARA) - Saham-saham unggulan China ditutup lebih tinggi pada Selasa, didukung oleh kenaikan kuat saham perusahaan-perusahaan kebutuhan pokok konsumen.

Data baru menunjukkan ekspor negara itu tumbuh pada kecepatan yang jauh lebih cepat dari perkiraan pada Juni karena pulihnya permintaan global.

Pelonggaran langkah-langkah penguncian global mendorong ekspor China selama Juni 2021 tumbuh lebih cepat, dan pertumbuhan impor juga mengalahkan ekspektasi, data bea cukai menunjukkan pada Selasa.

Pada sesi penutupan, indeks Shanghai Composite naik 0,53 persen pada 3.566,52.

Indeks saham unggulan CSI300 membalik pelemahan sebelumnya menjadi naik 0,18 persen, dengan sektor kebutuhan pokok konsumen melonjak 1,8 persen, indeks real estat naik 0,2 persen dan sub-indeks perawatan kesehatan naik 0,21 persen.

Keuntungan kecil memperpanjang reli yang mendorong CSI300 1,25 persen lebih tinggi pada Senin, setelah bank sentral akan memangkas rasio cadangan minimum perbankan (RRR) mulai 15 Juli.

Dalam sebuah komentar pada Selasa, mantan pejabat Bank Sentral China (People's Bank of China) mengatakan pemotongan RRR dapat membantu pihak berwenang untuk menangani pergeseran kebijakan moneter AS dan dapat mengurangi tekanan pada yuan di masa depan.

Data Refinitiv menunjukkan pembelian yang kuat oleh investor asing, lewat aliran Northbound Stock Connect berjumlah 5,72 miliar yuan (884,81 juta dolar AS) pada hari itu.

Indeks Shenzhen yang lebih kecil berakhir naik 0,25 persen dan indeks papan pengembangan ChiNext Composite melemah 0,56 persen.

Di seluruh wilayah, indeks saham MSCI Asia kecuali Jepang menguat sebesar 0,89 persen, sedangkan indeks Nikkei Jepang ditutup naik 0,52 persen.

Yuan dikutip pada 6,4651 per dolar AS, 0,17 persen lebih kuat dari penutupan sebelumnya di 6,4762.

Sepanjang tahun ini, indeks saham Shanghai naik 2,7 persen dan CSI300 turun 1,3 persen, sedangkan indeks saham-H China yang terdaftar di Hong Kong turun 5,9 persen. Saham Shanghai telah turun 0,69 persen bulan ini.

Baca juga: Saham China berbalik merosot, setelah melonjak sehari sebelumnya
Baca juga: Saham China naik, terangkat PBOC potong syarat cadangan perbankan
Baca juga: Saham China dibuka naik, terangkat kebijakan rasio cadangan bank

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021