Lifebuoy Dokter Keluarga beri orangtua akses konsultasi ke dokter anak

Lifebuoy Dokter Keluarga beri orangtua akses konsultasi ke dokter anak

Konferensi pers "Lifebuoy Dokter Keluarga", Selasa (13/7/2021) (Tangkap layar zoom)

Jakarta (ANTARA) - Orangtua yang khawatir mengakses layanan kesehatan untuk anak di tengah peningkatan kasus baru varian COVID-19 punya alternatif baru, telemedisin "Lifebuoy Dokter Keluarga" dari Lifebuoy dan KlikDokter. Tidak hanya untuk anak-anak, layanan ini juga memungkinkan keluarga lainnya seperti orang tua untuk berkonsultasi dengan dokter umum.

Head of Skin Cleansing and Baby Unilever Indonesia Maulani Affandi mengatakan peningkatan kasus COVID-19 turut mempengaruhi terbatasnya akses layanan kesehatan. Di tengah upaya pemerintah untuk terus memberi layanan kesehatan untuk masyarakat, pihaknya ingin membantu khususnya orangtua agar bisa berkonsultasi mengenai kesehatan anak tanpa harus ke rumah sakit. 

"Kami harap ini bisa melengkapi apa yang sudah dilakukan pemerintah," kata Maulani dalam konferensi pers daring, Selasa.

Baca juga: Daftar 11 telemedisin gratis dan layanan yang disediakan

Maulani berharap layanan ini bisa menjangkau lebih dari tiga juta keluarga di Indonesia. Masyarakat bisa mengakses layanan sesi konsultasi secara gratis ini lewat kode voucher yang ada di produk Lifebuoy Total 10 kemasan khusus KlikDokter. Konsultasi dengan dokter anak secara gratis bisa dilakukan pukul 14.00 hingga 20.00, sementara jadwal konsultasi dengan dokter umum bisa dilakukan pada pukul 14.00 hingga 20.00.

Direktur Utama KlikDokter Dino Bramanto mengatakan kolaborasi yang didasari kesamaan visi dan misi ini membuat layanan telemedisin bisa semakin mudah diakses secara luas kapan saja. Di tengah tantangan rasio dokter dan masyarakat yang punya gap tinggi di Indonesia, telemedisin diharapkan bisa menjadi solusi di tengah pandemi.

"Masyarakat yang butuh konsultasi bisa melakukannya platform ini selama 24 jam untuk mendukung program pemerintah," kata Dino, menambahkan layanan telemedisin yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan ini juga menyediakan informasi serta edukasi seputar kesehatan yang bisa diakses masyarakat.

"Di masa pandemi ini sudah selayaknya kita bersama-sama, berkolaborasi untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat luas dalam menyediakan layanan kesehatan yang cepat dan aman," kata Dino.

Sebelumnya, pemerintah juga menggandeng jasa telemedisin swasta untuk memberi pelayanan gratis terhadap pasien COVID-19 dengan gejala ringan yang menjalani isolasi mandiri. Aplikasi telekomunikasi bisa diakses gratis oleh masyarakat yang butuh konsultasi dokter untuk mendapat panduan benar mengenai konsumsi obat atau vitamin saat isolasi mandiri di rumah.

Baca juga: Hindari hoaks, Titi Kamal cari informasi kesehatan di telemedisin

Baca juga: Masyarakat sambut baik layanan telemedisin dari ACT

Baca juga: Ini syarat dapatkan paket obat isolasi mandiri gratis di Alodokter

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

IDI: dokter yang terlibat di telemedisin sangat kecil

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar