Kami memastikan pelayanan publik di Kemendag tetap berjalan selama PPKM Darurat. Sebagai ganti konsultasi tatap muka, masyarakat dan pelaku usaha dapat memanfaatkan ruang konsultasi daring yang telah kami buka di aplikasi Zoom
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan menyebutkan bahwa pelayanan konsultasi daring yang digelar Kementerian Perdagangan saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diminati masyarakat dan pelaku usaha.

Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto memastikan pelayanan publik daring terus dilakukan dengan aplikasi konferensi video Zoom untuk menggantikan konsultasi tatap muka.

“Kami memastikan pelayanan publik di Kemendag tetap berjalan selama PPKM Darurat. Sebagai ganti konsultasi tatap muka, masyarakat dan pelaku usaha dapat memanfaatkan ruang konsultasi daring yang telah kami buka di aplikasi Zoom,” kata Suhanto lewat keterangannya di Jakarta, Selasa.

Menurut Suhanto, konsultasi perdagangan luar negeri paling diminati sejak Kemendag membuka layanan konsultasi daring perdagangan pada Rabu pekan lalu (7/7).

Tercatat hingga pekan pertama pelaksanaannya, sebanyak 70 peserta telah menghubungi layanan konsultasi perdagangan luar negeri yang mencakup bidang ekspor produk pertanian dan kehutanan, ekspor produk industri dan pertambangan, serta impor.

Selain itu, hingga pekan pertama pelaksanaan konsultasi daring ini tercatat 21 peserta konsultasi pada bidang perlindungan konsumen dan tertib niaga, 12 peserta pada bidang perdagangan dalam negeri, dan dua peserta pada bidang perdagangan berjangka komoditas.

Suhanto mengimbau masyarakat dan para pelaku usaha untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan dan pengaduan Kemendag yang tersedia, salah satunya melalui aplikasi Zoom ini.

“Kemendag selalu siap membantu masyarakat dan pelaku usaha yang memerlukan konsultasi di bidang perdagangan,” pungkas Suhanto.

Waktu operasional layanan konsultasi daring adalah Senin–Jumat pukul 10.00–15.00 WIB. Masyarakat dan pelaku usaha yang ingin mengakses layanan konsultasi daring tersebut melalui Zoom dapat menggunakan informasi di bawah ini:

Direktorat Ekspor Produk Pertanian dan Kehutanan:

Meeting ID: 592 008 4499 Passcode: dektanhut

Direktorat Ekspor Produk Industri dan Pertambangan:

Meeting ID: 610 066 5919 Passcode: dekintam

Direktorat Impor:

Meeting ID: 799 863 7042 Passcode: ditimpor


Baca juga: Wamendag ungkap 3 produk pangan RI yang paling diincar pasar ekspor
Baca juga: Kemendag manfaatkan gelombang kedua ekonomi digital
Baca juga: Kemendag buka konsultasi daring sektor perdagangan saat PPKM Darurat


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021