Kendari (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi ketinggian gelombang di Laut Banda mencapai 3,2 meter.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Addi Setiadi, di Kendari, Senin, mengatakan bahwa kecepatan angin di laut Banda yang akan bertiup dari timur ke selatan antara 6 hingga 20 kilometer/jam.

Ketinggian gelombang di perairan Pantai Balikpapan Tanah Grogot, Selat Makassar, Masilina Doang Doang, Sabalana Selayar dan Aru Tual diramalkan sekitar 2,8 meter.

Kecepatan angin di Perairan Pantai Balikpapan Tanah Grogot dan Selat Makassar yang akan bertiup dari tenggara ke barat daya antara 6-20 kilometer/jam.

Sementara itu, ia mengemukakan, kecepatan angin di perairan Masilina Doang Doang dan Sabalana Selayar yang akan bertiup dari timur ke tenggara antara 5-19 kilometer/jam.

Kecepatan angin di Perairan Aru Tual yang akan bertiup dari timur ke selatan antara 6-21 kilometer/jam.

Sementara ketinggian gelombang di perairan Majene Paotere, Teluk Bone, perairan Tukang Besi, Teluk Tolo Kendari, laut Maluku bagian Selatan dan Laut Seram diperkirakan 2,5 meter.

Kecepatan angin di Laut Maluku bagian Selatan dan perairan Majene Paotere yang akan bertiup dari arah timur ke tenggara 5-19 kilometer/jam.

Kecepatan angin di Teluk Tolo Kendari dan Laut Seram yang akan bertiup dari timur ke selatan 5-20 kilometer/jam.

Ketinggian gelombang di perairan Donggala Mamuju diprediksi 1,6 meter dengan kecepatan angon yang akan bertiup dari tenggara ke barat daya antara 5-19 kilometer/jam.

Prakiraan Stasiun Meteorologi Maritim Kendari berlaku selama 2 X 24 jam mulai tanggal 4 sampai 5 Oktober 2010.
(T.S032/F002/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010