Wapres dorong peningkatan capaian vaksinasi selama PPKM darurat

Wapres dorong peningkatan capaian vaksinasi selama PPKM darurat

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin memberikan arahan kepada pejabat Pemprov Banten terkait dengan penanganan pandemi COVID-19 dari kediaman resmi Wapres RI, Jakarta, Rabu (14/7/2021). ANTARA/HO-Asdep KIP Setwapres

Laju pemberian vaksin COVID-19 kepada masyarakat mengalami penurunan selama masa PPKM darurat.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan seluruh pemerintah daerah untuk meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat, khususnya selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

"Dengan mempertimbangkan masih rendahnya cakupan vaksinasi masih jauh dari target sasaran, ini perlu mendapat perhatian," kata Wapres Ma’ruf saat memberikan arahan kepada Pemerintah Provinsi Banten dalam rapat koordinasi virtual dari Jakarta, Rabu.

Wapres mengatakan bahwa laju pemberian vaksin COVID-19 kepada masyarakat mengalami penurunan selama masa PPKM darurat. Hal tersebut disebabkan oleh kendala terbatasnya jumlah tenaga kesehatan di daerah.

Selain berkurangnya jumlah tenaga kesehatan untuk keperluan testing, tracing dan treatment, kata Wapres, keterbatasan tersebut juga karena makin banyak tenaga kesehatan terkonfirmasi positif COVID-19.

"Jadi, capaian vaksinasi selama PPKM darurat justru mengalami tren penurunan, alasannya karena terkendala SDM kesehatan. Selain sebagai vaksinator, ada juga sebagai tim tracing dan perawatan COVID-19, banyak juga SDM kesehatan yang terkonfirmasi COVID-19," katanya.

Baca juga: Wapres minta ulama dan pemda berembuk penyesuaian ibadah PPKM darurat

Wapres juga meminta Pemprov Banten untuk meningkatkan dan mempercepat pelaksanaan vaksin COVID-19 kepada masyarakat setempat sehingga dapat mendukung tercapainya kekebalan komunal atau herd immunity.

"Di Banten juga masih ada kelompok yang belum mau divaksin, katanya bukan karena tidak mendapatkan kesempatan, melainkan karena takut divaksin," katanya.

Terkait dengan target vaksinasi COVID-19 di Provinsi Banten, Wapres meminta pemda mempercepat pemberian vaksin kepada masyarakat sehingga herd immunity dapat segera terwujud.

Wapres menyebutkan di Banten harus terlaksana vaksinasi kepada sedikitnya 8.000.000 jiwa penduduk setempat dengan target 50.000 orang per hari.

"Vaksinasi itu seharusnya di Banten dengan penduduk sekitar 11,9 juta jiwa untuk mencapai herd immunity vaksinasinya harus mencapai delapan juta orang dengan target 50.000 orang per hari,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam rilis Biro Pers Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) tertulis Wapres mengatakan bahwa target vaksinasi di Provinsi Banten sebanyak 20.000 orang per hari, sebagaimana berita yang telah disiarkan dengan judul Wapres minta Banten lebih intensif menangani COVID-19.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kilas NusAntara Siang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar