Mj Rodriguez cetak sejarah di nominasi Emmy 2021

Mj Rodriguez cetak sejarah di nominasi Emmy 2021

Mj Rodriguez saat berakting dalam serial televisi "Pose". (ANTARA/HO-FX Networks)

Jakarta (ANTARA) - Michael Jaé (Mj) Rodriguez menjadi perempuan transgender atau transpuan pertama yang masuk nominasi Emmy Awards 2021 untuk kategori aktris utama, dikutip dari Associated Press, Rabu.

“Aku merasa terwakili dan lebih terlihat,” kata Rodriguez. “Dan merasa lebih diterima daripada yang aku rasakan selama ini. Aku merasa rekan-rekan dalam dunia akting mulai melihatku dan orang-orang dalam dunia seni juga mulai melihatku. Betapa aku ingin memberi cinta pada dunia seni,” lanjutnya.

Rodriguez memerankan karakter ibu rumah tangga bernama Blanca dalam serial televisi Amerika berjudul "Pose".

Baca juga: Resmi jadi transgender, Ellen Page ganti nama jadi Elliot Page

Serial itu dibuat oleh Steven Canals, Ryan Murphy, dan Brad Falchuk. "Pose" adalah drama tentang budaya ballroom pada 1980-an dan 90-an yang pertama kali tayang pada tahun 2018 dan kini telah memasuki musim ketiga.

Dalam ajang Emmy Awards kali ini, Rodriguez menyumbang satu dari sembilan nominasi yang diperoleh serial Pose. Lainnya, ada Billy Porter yang juga masuk nominasi untuk kategori aktor terbaik.

Rodriguez berbicara dalam sebuah wawancara melalui Zoom pada Selasa dari Cannes, Prancis, saat menghadiri festival film. Ia mengaku tak bisa tidur semalaman. "Ada banyak hal yang membayangi pikiranku," katanya.

Ia bercerita saat momen pengumuman nominasi. “Ibuku dan ibu baptisku sedang duduk di ruang makan. Saat nama saya diumumkan, saya hanya berteriak dan terkejut. Dan ibuku memelukku.”

Sarah Kate Ellis dari GLAAD, sebuah organisasi LGBTQ+ di Amerika Serikat, menyebut nominasi Rodriguez sebagai terobosan transpuan di dunia Hollywood dan pengakuan yang sudah lama tertunda untuk perannya yang luar biasa dalam serial Pose.

“Nominasi ini menandai pertunjukan yang tidak diragukan lagi meningkatkan standar representasi komunitas trans di televisi dan mengubah cara pemirsa di seluruh dunia memahami komunitas trans,” ujar Ellis.

Rodriguez mengatakan, “Aku bersyukur mengetahui bahwa kita akhirnya terlihat sebagaimana kita perlu dilihat, dan bahwa kisah kita sekarang dapat dilihat sebagai kisah manusia. Itu hanya membuka diaspora, membuka segalanya bahkan lebih. Ada banyak kisah tak terbatas yang sekarang bisa diceritakan.”

Kini, Rodriguez tengah mengerjakan proyek terbarunya, yaitu sebuah drama komedi untuk Apple TV+ dengan Maya Rudolph.

Baca juga: Emmy Awards 2021 tayang eksklusif di CATCHPLAY+

Baca juga: Ini daftar nominasi Emmy 2021

Baca juga: Emmy Awards ke-73 berlangsung 19 September 2021

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar