Melalui Makassar Recover, kami berharap lebih banyak bisa mengedukasi warga terkait COVID-19, vaksin dan protokol kesehatan yang tepat
Makassar (ANTARA) - Sebanyak 800 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Profesi Kesehatan (KKN PK) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan, Angkatan 60 akan ambil bagian dalam menangkal hoax di tengah masyarakat terkait COVID-19.

Mereka akan diikutkan pada Program Makassar Recover untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan COVID-19, protokol kesehatan dan vaksinasi COVID-19, kata Tim Edukasi Makassar Recover dr Idrianti Idrus di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan para mahasiswa ini diharapkan akan memberikan informasi yang tepat sesuai standar kesehatan.

Baca juga: Hoaks! Video Jokowi tidak bermasker di acara

"Ini juga akan membantu kami di Tim Makassar Recover untuk memberikan edukasi dan juga menangkal hoax yang banyak di media sosial," katanya.

Dosen Fakultas Kedokteran Unhas ini mengemukakan setelah hampir dua tahun pandemi, belum ada program khusus terkait edukasi yang diberikan ke warga Kota Makassar.

"Melalui Makassar Recover, kami berharap lebih banyak bisa mengedukasi warga terkait COVID-19, vaksin dan protokol kesehatan yang tepat," ujarnya.

Baca juga: Cek Fakta: "Covid Hunter" buru warga Jakarta setelah pukul 7 malam?

Peserta KKN PK Angkatan 60 Unhas berjumlah 800 orang ini terdiri dari mahasiswa prodi pendidikan dokter, pendidikan dokter gigi, kesehatan masyarakat, farmasi, keperawatan, fisioterapi, ilmu gizi, kedokteran hewan dan psikologi.

Para mahasiswa KKN ini akan melakukan edukasi melalui media sosial. Dengan latar belakang ilmu kesehatan, para mahasiswa dinilai bisa memberikan informasi yang tepat kepada warga Kota Makassar.

Baca juga: Cek Fakta: RS langsung vonis pasien batuk-pilek sebagai COVID-19?

Ketua KKN PK Unhas Angkatan 60 dr Irwin Aras mengatakan kerja sama antar program Makassar Recover dan Unhas adalah bentuk nyata tanggung jawab Unhas sebagai Humaniversity untuk terlibat secara langsung dalam setiap upaya menghadapi pandemi ini.

"Dalam konteks KKN ini, mahasiswa peserta KKN PK Angkatan 60 Unhas, saat ini melaksanakan programnya secara daring, sehingga sangat tepat bisa mengambil peran aktif untuk turut bersama mendampingi masyarakat sesuai dengan porsinya sebagai mahasiswa," katanya.

Pemkot Makassar juga menyambut baik keterlibatan mahasiswa KKN PK dalam program Makassar Recover. Pemkot Makassar berinisiatif memberikan sertifikat pengabdian masyarakat kepada para mahasiswa yang terlibat.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021