IMI siap dukung pemilihan Presiden FIA Regional II Asia Pasifik

IMI siap dukung pemilihan Presiden FIA Regional II Asia Pasifik

Ketua MPR RI yang juga Ketua Umum PP IMI Bambang Soesatyo. (ANTARA)

Jakarta (ANTARA) - Ikatan Motor Indonesia (IMI) menyatakan siap menyukseskan pemilihan Presiden FIA Regional II Asia Pasifik yang akan digelar secara daring pada September 2021 di Vietnam, serta pemilihan Presiden FIA yang dijadwalkan pada Desember mendatang. 

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo usai video conference bersama pengurus Automobile Association of Ceylon Dhammika Attygalle serta Presiden Singapura, Sri Lanka, Thailand, Pakistan dan India.

Bamsoet, sapaan akrab Ketua MPR RI itu, menyebutkan calon terkuat Presiden FIA Regional II Asia Pasifik ada dua, yakni Vietnam yang dinominasikan oleh Australia, dan Sri Lanka (Ceylon) yang dinominasikan oleh Singapura, sementara Indonesia berpeluang menjadi wakil presiden. 

Sedangkan calon terkuat Presiden FIA juga ada dua, yakni M Ben Sulayem dari Uni Emirat Arab dan Graham Stoker yang saat ini menjabat Wakil Presiden FIA Bidang Olahraga (FIA Deputy President for Sport).

"Automobile Association of Ceylon/AAC (IMI-nya Sri Lanka) dan Automobile Association of Singapore/AAS (IMI-nya Singapura) telah menghubungi IMI Indonesia untuk meminta dukungan pencalonan Sri Lanka menjadi Presiden FIA Regional II Asia Pasifik," kata Bamsoet dalam pernyataan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu. 

Pada prinsipnya, menurut Bamsoet, IMI siap mendukung siapapun yang terbaik, demi kemajuan olahraga dan mobilitas otomotif di kawasan Asia Pasifik.

Baca juga: Bamsoet dorong gelaran kejuaraan MX dan GTX internasional 
Baca juga: IMI pastikan Indonesia siap gelar ratusan kompetisi balap tahun ini 


Bamsoet menjelaskan Fédération Internationale de l'Automobile/FIA (Federasi Otomotif Internasional) memiliki dua deputi presiden, yakni Deputy President for Mobility and the Automobile yang menangani semua kegiatan non-olahraga FIA, serta Deputy President for Sport yang menangani semua kegiatan olahraga yang diatur FIA.

"Di bawah Deputy President Mobility, ada empat FIA Region, yaitu FIA Region I yang terdiri dari negara-negara di kawasan Eropa, Timur Tengah dan Afrika. FIA Region II terdiri dari Asia Pasifik, FIA Region III terdiri dari Amerika Utara dan FIA Region IV terdiri dari Amerika Tengah dan Selatan. Masing-masing region dipimpin oleh seorang Presiden FIA Region," jelas Bamsoet. 

Ketua DPR RI ke-20 itu menambahkan FIA Region II-Mobility beranggotakan 23 negara (klub), yang terdiri dari 18 anggota aktif (termasuk Indonesia/IMI), 2 anggota asosiasi no vote, 2 anggota ditangguhkan (Malaysia dan Korea Selatan) dan 1 anggota non-aktif (Pakistan).

"Penyelenggaraan konferensi FIA Region II Asia Pasifik jangan hanya sekadar ajang memilih presiden saja. Melainkan juga harus dijadikan momentum mempererat jalinan kerja sama antar negara anggota FIA di kawasan Asia Pasifik," ujar Bamsoet.

"Khususnya dalam mempromosikan wisata mobilitas. Sehingga siapapun presiden yang terpilih, baik dari Vietnam maupun Ceylon (Sri Lanka), harus didukung oleh semua pihak sehingga kawasan Asia Pasifik bisa menjadi destinasi favorit bagi wisata mobilitas otomotif dunia," tambahnya. 

Bamsoet yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB Kodrat) itu mengungkapkan Indonesia memiliki begitu banyak tempat wisata, diantaranya Mandalika, Pulau Komodo, Bali, Borobudur serta Danau Toba yang dapat dijelajahi lewat program "Fly and Drive", begitu pula dengan negara-negara lain di kawasan Asia Pasifik.

"Dengan saling mendukung, kita berharap peningkatan program wisata mobilitas akan menjadi salah satu agenda penting untuk dibahas dan diputuskan sebagai salah satu program aksi konferensi FIA Regional II Asia Pasifik," pungkas Bamsoet. 

Baca juga: Bamsoet tinjau perkembangan wisata otomotif di Bali 
Baca juga: PHRI gandeng IMI bangkitkan industri pariwisata domestik 
Baca juga: KONI Pusat dukung PP IMI untuk hadirkan lagi balap motor bebek 

 

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ketua MPR tegaskan tidak ada bahasan 3 periode jabatan presiden

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar