Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir bersama empat mantan Menteri BUMN akan menghadiri AKHLAK Award 2021 pada Kamis (15/7).

"Dalam ajang AKHLAK Award 2021 tersebut akan hadir Meneg BUMN, Erick Thohir, bersama 4 Mantan Menteri BUMN di antaranya Tanri Abeng, Sugiharto, Mustafa Abubakar, dan Dahlan Iskan. Kehadiran para tokoh ini merupakan bentuk dukungan dan komitmen atas implementasi AKHLAK di BUMN. Hadir pula Ary Ginanjar Agustian President ACT Consulting sebagai penyelenggara dan Fifi Aleyda Yahya selaku Moderator," menurut keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

ACT Consulting akan menyelenggarakan “Refleksi 1 Tahun AKHLAK BUMN” dan AKHLAK Award 2021 pada Kamis (15/7) secara virtual. Acara tersebut merupakan momentum untuk melakukan evaluasi sejauh mana keberhasilan implementasi Core Values AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) setelah digulirkan sejak 1 Juli 2020 pada seluruh BUMN bersama anak perusahaan.

Baca juga: Erick luncurkan buku "Akhlak untuk Negeri"

Dalam dua belas bulan terakhir, BUMN menyelenggarakan berbagai program budaya di organisasinya masing-masing untuk mensosialisasikan dan menginternalisasikan Core Values AKHLAK agar menjadi perilaku sehari-hari. Pemberian Award berdasarkan hasil riset pengukuran indeks kesehatan budaya kerja AKHLAK yang telah dilakukan oleh ACT Consulting selama periode September 2020–Juli 2021 terhadap 62 BUMN dan Anpernya.

Dari riset dan kajian yang secara periodik itu, diketahui Indeks Implementasi AKHLAK, yaitu sejauh mana nilai-nilai AKHLAK diimplementasikan baik yang dialami maupun yang diamati oleh para karyawan.

“Semoga pencapaian ini menjadi motivasi bagi semua pihak di BUMN untuk terus meningkatkan kinerjanya dan tak henti mengimplementasikan Core Values AKHLAK di dalam kehidupan sehari-hari,” ujar President ACT Consulting Ary Ginanjar.

Baca juga: IFG percepat implementasi tata nilai AKHLAK

Expert Transformasi Budaya ACT Consulting, Dwitya Agustina mengatakan bahwa metode pemetaan dan pengukuran AKHLAK tersebut menggunakan AKHLAK Culture Health Index (ACHI). ACHI dilakukan secara daring dan diikuti seluruh pegawai BUMN yang diukur. Hasil yang didapatkan dari Rata-rata indeks Implementasi AKHLAK di BUMN dan Anper saat ini nilainya masih di angka 43.0 persen. Nilai tersebut berada di kategori C, artinya pegawai kadang-kadang mengimplementasikan AKHLAK dalam perilaku kerja sehari-hari.

Pada pengukuran tersebut juga didapatkan tingkat implementasi AKHLAK masing-masing nilai secara rata-rata di 62 BUMN dan Anpernya. Nilai AMANAH 46.1 persen (kategori C atau rendah), KOMPETEN 51,7 persen (kategori B atau cukup Sehat) , HARMONIS 38,3 persen (kategori C atau rendah), LOYAL 36,2 persen (kategori C atau rendah), ADAPTIF 36,6% (kategori C atau rendah), dan KOLABORATIF 49,7% (kategori C atau rendah).

ACT Consulting akan memberikan penghargaan dengan kategori BUMN untuk indeks implementasi per setiap nilai AKHLAK di antaranya Implementasi AKHLAK Terbaik, Implementasi Amanah Terbaik, Implementasi Kompeten Terbaik, Implementasi Harmonis Terbaik, Implementasi Loyal Terbaik, Implementasi Adaptif Terbaik, Implementasi Kolaboratif Terbaik. Masing-masing kategori di atas terdiri dari 3 pemenang yakni juara 1 dan Runner up (juara 2 dan 3).

Untuk kategori Anak Perusahaan BUMN untuk indeks implementasi per setiap nilai AKHLAK. Penilaiannya sama seperti kategori BUMN untuk indeks implementasi per setiap nilai AKHLAK. Puncak acara yaitu pembacaan peraih piagam penghargaan sekaligus pembagian E-Certificate dan trophy (piala) untuk para pemenang.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021