Jakarta (ANTARA) - Asosiasi akuntan profesional bersertifikat atau Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) bersama dengan mitra pemberi kerja resmi memanfaatkan digitalisasi dengan meluncurkan bursa kerja yang digelar secara virtual pada Kamis, 15 Juli 2021.

Kegiatan yang diberi nama ACCA Virtual Career Fair 2021 ini menjadi solusi bagi para pencari kerja di tengah pandemi COVID-19, khususnya pencari kerja di bidang keuangan dan akuntansi.

"Dengan teknologi digital, ACCA Virtual Careers Fair 2021 akan lebih besar dan lebih lengkap dalam memberikan kesempatan bagi mereka baik yang mencari pekerjaan pertama maupun para profesional keuangan dan akuntan," ujar Portfolio Head of Maritime Southeast Asia di ACCA, Edward Ling, dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu.

Untuk pencari kerja tingkat awal, ACCA bekerja sama dengan perusahaan berbasis Inggris untuk memberikan layanan penulisan CV yang dapat memberikan ulasan CV dan pelatihan wawancara.

Baca juga: Kemnaker soroti ketidaksesuaian permintaan dan suplai di pasar kerja

Selain itu, mereka juga mendapat kesempatan mengobrol langsung atau via panggilan video dengan calon pemberi kerja. Pencari kerja generasi Z pun dapat memperoleh bantuan lebih lanjut dari sumber daya virtual ACCA yang luas melalui kanal https://www.accaglobal.com/gb/en/cam/rethinking-careers.html.

Sementara untuk pencari kerja yang lebih senior, ACCA menyiapkan jadwal wawancara langsung, rangkaian webinar live maupun rekaman mengenai peningkatan karir dari pemimpin bisnis terkemuka dan peluang jaringan melalui ruang tunggu virtual.

Adapun, ACCA bersama dengan PwC (Pricewaterhohse Coopers) telah membuat survei global yang hasilnya menunjukkan bahwa profesi dalam bidang akuntansi dan keuangan menjadi semakin penting di masa pandemi.

Direktur ACCA ASEAN ANZ Pulkit Abrol mengatakan pemimpin sektor keuangan memainkan peran penting untuk memastikan sebuah organisasi tetap bertahan pada masa sulit ini.

Baca juga: UI gelar pameran virtual bursa kerja dan wirausaha 2021

"Kontribusi tim keuangan selama krisis meliputi manajemen arus kas yang lebih baik hingga mendukung masalah rantai pasokan, serta menangani dampak produktivitas yang belum pernah terjadi sebelumnya. Tugas-tugas ini sangat diapresiasi oleh dewan, pemimpin eksekutif, juga pemangku kepentingan eksternal," ujar Pulkit.

Mengingat besarnya potensi dalam profesi di bidang keuangan dan akuntansi ini, ACCA pun mengajak para pencari kerja untuk mempertimbangkan ulang kariernya di bidang yang lebih relevan ini.

ACCA Virtual Career Fair 2021 menyiapkan ribuan lowongan bekerja sama dengan sejumlah perusahaan terkemuka Malaysia dari berbagai industri seperti layanan keuangan, minyak dan gas, teknologi informasi dan komunikasi, perawatan serta kesehatan, elektronik, industri logistik dan transportasi.

Perusahaan ini tidak hanya ingin merekrut untuk posisi di Malaysia tetapi juga di seluruh ASEAN, Australia, dan Selandia Baru. Di antara perusahaan yang disetujui ACCA yang berpartisipasi adalah Maybank, Khazanah Nasional Berhad, PETRONAS, Intel Microelectronics, KPJ Healthcare Berhad, Samsung Malaysia Electronics, DHL Asia Pacific Shared Services, Grab, hingga firma audit yang masuk Big Four.

Organisasi dan perusahaan ini menyediakan berbagai posisi, mulai dari level awal hingga peran manajemen senior.

Bagi para pencari kerja yang berminat, dapat mendaftar di https://accaaseananzvcf.vfairs.com/. Pencari kerja juga akan mendapat kesempatan untuk memenangkan e-voucher belanja senilai RM5.000.

Baca juga: Pemkot Tangerang gelar bursa kerja secara virtual 1-5 September

Baca juga: Bursa Kerja Mandiri pertemukan platform digital dengan pekerja

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021