Koarmada II siapkan 2.000 tempat tidur untuk pasien COVID-19

Koarmada II siapkan 2.000 tempat tidur untuk pasien COVID-19

Warga mengantre untuk divaksin COVID-19 yang digelar oleh Koarmada II di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Lamongan, Rabu (14/7/2021). (ANTARA/Hanif Nashrullah)

Mudah-mudahan tempat tidur yang kami siapkan tidak terpakai
Lamongan (ANTARA) - Komando Armada (Koarmada) II menyiapkan sebanyak 2.000 tempat tidur tambahan untuk pasien COVID-19 di Kota Surabaya yang dijadwalkan bisa beroperasi kurang dari dua pekan mendatang.

"Tapi kami berdoa tidak ada yang mengisi tempat tidur ini," ujar Panglima Koarmada II Laksamana Muda (Laksda) Iwan Isnurwanto di sela bakti sosial TNI AL dalam rangka serbuan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat maritim di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Lamongan, Rabu.

Koarmada II, kata dia, tergerak membantu ribuan tempat tidur baru setelah sebanyak 70 personelnya terpapar COVID-19, namun harus antre di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr Ramelan Surabaya saat membutuhkan perawatan medis.

Dia merinci, rencananya sebanyak 1.000 tempat tidur di antaranya akan ditempatkan di RSAL dr Ramelan Surabaya.

"Jadi, di RSAL dr Ramelan Surabaya akan membuka kamar-kamar baru dengan kapasitas sebanyak 1.000 tempat tidur untuk pasien COVID-19," ucap dia.

Baca juga: Berharap tempat tidur rumah sakit rujukan COVID-19 "tidak laris"

Baca juga: Jatim pastikan ketersediaan tempat tidur isolasi pasien COVID-19


Selain sebanyak 1.000 tempat tidur di kamar-kamar baru, Laksda Iwan juga menyampaikan RSAL dr Ramelan Surabaya akan membuka 200 tempat tidur lagi bagi pasien COVID-19.

"Lalu, 800 tempat tidur lainnya untuk pasien COVID-19, akan kami tempatkan di Pangkalan Korps Marinir di Jalan Opak Surabaya," katanya.

Total sebanyak 2.000 tempat tidur tersebut, lanjut Pangkoarmada II, disiapkan sebagai langkah antisipasi melonjaknya pasien COVID-19.

"Sudah saya laporkan ke Ibu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Sekali lagi, mudah-mudahan tempat tidur yang kami siapkan tidak terpakai. Kami hanya mempersiapkan diri seandainya terjadi lonjakan pasien COVID-19," tutur dia.

Di sisi lain, bakti sosial TNI AL dengan menyelenggarakan vaksinasi COVID-19 terhadap masyarakat maritim gencar dilakukan mulai hari ini, yang diawali di empat kecamatan wilayah pesisir Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

"Bakti sosial dengan menyediakan fasilitas vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat maritim akan terus digelar berkelanjutan ke wilayah pesisir lainnya. Termasuk ke pulau-pulau di wilayah Koarmada II yang dirasa perlu, dengan menggunakan kapal-kapal TNI AL," katanya.

Baca juga: Lonjakan kasus, RS rujukan COVID-19 di Kabupaten Madiun hampir penuh

Baca juga: Pemprov Jatim kirim bantuan tempat tidur ke RSKI Unair

Pewarta: Fiqih Arfani/Hanif Nashrullah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Prajurit TNI AL percantik Markas Koarmada II dengan pohon Tabebuya 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar