Dayung

Dayung Indonesia berharap SEA Games Hanoi bergulir sebelum April 2022

Dayung Indonesia berharap SEA Games Hanoi bergulir sebelum April 2022

Sejumlah atlet Dayung menjalani sesi latihan di air jelang Sea Games 2021 di Pemusatan Latihan Nasional Dayung di Situ Cileunca, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/6/2021). . ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc.

Pelatnas jadi bisa digabung SEA Games dan Asian Games
Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) Budiman Setiawan berharap jadwal terbaru SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam dapat segera diputuskan dan dapat terselenggara paling lambat April 2022.

Budiman mengatakan hal tersebut mengingat pada tahun yang sama juga akan bergulir Asian Games 2022 di Hangzhou, Cina, yang dijadwalkan bergulir pada 10-25 September 2022.

"Adanya penundaan akan berpengaruh pada beberapa program yang sebelumnya telah dibuat. Harapan saya SEA Games Hanoi bisa berlangsung awal tahun depan. Mungkin Januari atau paling lambat April," ujar Budiman kepada ANTARA, Rabu.

Baca juga: Tim Dayung Indonesia matangkan persiapan jelang Olimpiade Tokyo

Semula SEA Games 2021 dijadwalkan berlangsung pada 21 November hingga 2 Desember. Namun pesta olahraga Asia Tenggara itu terpaksa ditunda karena tingginya kasus COVID-19 di Vietnam.

Meski begitu, Budiman menegaskan pemusatan latihan nasional (pelatnas) dayung akan tetap berlangsung sesuai dengan keputusan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Pelatnas jadi bisa digabung SEA Games dan Asian Games. Kami akan tetap menyiapkan atlet terbaik untuk bisa meraih hasil maksimal di kedua ajang tersebut," katanya.

Budiman menjelaskan kans di SEA Games Hanoi sangat besar. "Kami akan ikut semua nomor yang ada. Karena semuanya berpeluang," ujar Budiman.

Baca juga: Tim dayung Indonesia terus asah kemampuan jelang Olimpiade Tokyo

Sementara untuk Asian Games Hangzhou, PB PODSI bakal fokus pada beberapa nomor yang dinilai punya peluang.

Prestasi dayung Indonesia dalam kedua multievent tersebut terbilang cukup baik.

Misalnya, pada gelaran SEA Games 2019 di Filipina, tim dayung Merah Putih menjadi juara umum setelah membawa pulang 3 emas dan 2 perak.

Sementara pada Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang, Indonesia mengantongi 1 emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Hasil tersebut menempatkan skuad Merah Putih di urutan tiga peraih medali terbanyak cabang olahraga dayung.

Baca juga: SEA Games Vietnam tidak akan digelar tahun ini

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menyusuri Danau Sentani, kampung halaman Si Ratu Dayung Papua

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar