Jakarta (ANTARA) - Diet pescatarian belakangan kembali populer, dan itu adalah istilah yang disematkan pada seseorang yang mengonsumsi ikan dan makanan laut dalam menu vegetariannya.

Ada banyak alasan orang memilih untuk tidak makan daging dan unggas, tetapi tetap makan ikan. Beberapa orang memilih untuk menambahkan ikan ke dalam pola makan vegetarian sehingga mereka bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari pola makan nabati plus ikan yang menyehatkan jantung.

Apa itu pescatarian?

Mengutip Healthline pada Kamis, sederhananya, pescatarian adalah seseorang yang tidak makan daging, namun tetap makan ikan.

Istilah pescatarian diciptakan pada awal 1990-an dan merupakan kombinasi dari kata Italia untuk ikan, "pesce," dan kata "vegetarian". Kadang-kadang dieja dengan "pescetarian" tetapi artinya sama.

Dalam literatur ilmiah, diet ini sering digambarkan sebagai "pesco-vegetarian" dan dikelompokkan ke dalam spektrum vegetarianisme. Menurut definisi tersebut, pescatarian adalah seseorang yang memilih untuk makan vegetarian, tetapi juga makan ikan dan makanan laut lainnya.

Ini adalah pola makan nabati yang sebagian besar berupa biji-bijian, kacang-kacangan dan lemak sehat di mana makanan laut memainkan peran kunci sebagai sumber protein utama.

Banyak pescatarian juga minum susu dan makan telur. Sama seperti diet vegetarian yang bisa sangat bervariasi, begitu juga dengan diet pescatarian.

Baca juga: Cerita Sherina pilih gaya hidup vegetarian

Baca juga: Amankah menerapkan pola makan vegan pada anak?


Halaman berikutnya: Mengapa orang memilih diet pescatarian?

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021