Aplikasi WP Grosir ini akan sangat membantu UMKM dan masyarakat khususnya untuk memenuhi kebutuhan pangan secara grosir di masa pandemi ...
Jakarta (ANTARA) - Warung Pangan (WP) Grosir membantu UMKM dan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan di masa pandemi COVID-19, kata Manager Product, Promotion and Business Partnership Warung Pangan BGR Logistics Samantha Easterina.

PT. Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics adalah anggota klaster BUMN pangan .

“Aplikasi WP Grosir ini akan sangat membantu UMKM dan masyarakat khususnya untuk memenuhi kebutuhan pangan secara grosir di masa pandemi dengan pilihan transaksi secara cashless, mudah, gratis ongkos kirim, diantar sampai rumah,"  ujarnya  dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: BGR berencana untuk memperluas jangkauan dan peran Warung Pangan

Samantha menambahkan bahwa  aplikasu sangat cocok bagi rumah tangga yang akan memulai sebuah bisnis warung kecil di rumahnya maupun bagi UMKM yang telah memiliki usaha warung. Aplikasi WP Grosir ini baru tersedia di tujuh lokasi.

"Sampai saat ini aplikasi WP Grosir baru bisa dilakukan di Surabaya, Semarang, Yogyakartao, Jabodetabek, Bandung dan Pangkal Pinang. Ke depan  akan ditambah di beberapa kota lain karena di lokasi tersebut telah dibangun Food Kiosk BGR Logistics, sebuah Distribution Center yang akan mendukung proses distribusi untuk kegiatan penjualan pada aplikasi ini,” katanya.

WP Grosir merupakan aplikasi mobile yang menyediakan berbagai macam komoditas pangan dengan harga  dan sistem grosir. Untuk penyediaan komoditas pangan, BGR Logistics bekerja sama dengan seluruh supplier pangan yang tergabung dalam Holding BUMN Kalster Pangan serta menggandeng supplier lokal, koperasi-koperasi di Indonesia untuk menjamin ketersediaan stok komoditas pangan dengan harga yang stabil.

Jika sebelumnya BGR Logistics telah meluncurkan Aplikasi Warung Pangan yang dikhususkan untuk Warung UMKM dan produknya dijual secara ritel, maka Aplikasi WP Grosir dapat digunakan oleh seluruh masyarakat luas baik perorangan atau rumah tangga maupun komunitas seperti koperasi, kumpulan organisasi sosial dan sebagainya dengan harga grosir.

Baca juga: Erick Thohir ajukan PMN Non Tunai klaster pangan dan pertahanan ke DPR

Aplikasi WP Grosir ini memiliki fitur lacak paket, pembayaran transfer serta virtual account melalui Mandiri, BNI, Mandiri dan BCA yang dapat diakses dengan mudah dengan cara cukup download aplikasi WP Grosir melalui Google Playstore kemudian daftar menggunakan akun google mail serta isi kelengkapan data diri yaitu nomor Handphone dan alamat pengiriman. Bagi pengguna selain Android saat ini juga dapat mengakses aplikasi WP Grosir melalui website wpgrosir.bgrlogistcs.id dan lakukan pendaftaran dengan proses yang sama.

Keuntungan bagi masyarakat dalam menggunakan aplikasi ini adalah masyarakat mendapatkan harga grosir, memberikan kemudahan dalam melakukan perbelanjaan dan hanya dengan pembelian minimum Rp500 ribu rupiah pemesanan akan diantar sampai rumah dengan bebas ongkos kirim.

"UMKM nggak perlu khawatir terhadap persediaan komoditas pangan di masa pandemi  ini dan masyarakat yang ingin memulai usaha warungnya juga akan dipermudah mendapatkan komoditas pangan secara grosir dengan tetap aman tanpa harus keluar dari rumah," ujar Manager Product, Promotion and Business Partnership Warung Pangan BGR Logistics, Samantha Easterina.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021