Tercapainya kesepakatan ini menunjukkan keberhasilan pendekatan multilateralisme dalam mengatasi tantangan digitalisasi dan globalisasi khususnya terkait BEPS
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Keuangan mengungkap berbagai manfaat dari adanya kesepakatan sistem perpajakan internasional yaitu Two-Pillar Solution to Address the Tax Challenges Arising From the Digitalisation and Globalization of the Economy bagi Indonesia.

“Tercapainya kesepakatan ini menunjukkan keberhasilan pendekatan multilateralisme dalam mengatasi tantangan digitalisasi dan globalisasi khususnya terkait BEPS,” kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Febrio Kacaribu di Jakarta, Kamis.

Kesepakatan itu mencakup dua pilar yang bertujuan memberikan hak pemajakan lebih adil dan berkepastian hukum dalam mengatasi Base Erosion Profit Shifting (BEPS) akibat adanya globalisasi dan digitalisasi ekonomi.

Pilar pertama dari kesepakatan ini membuat Indonesia berkesempatan mendapatkan hak pemajakan atas penghasilan global yang diterima sekitar 100 perusahaan multinasional yang menjual produknya di Tanah Air.

Syaratnya, perusahaan multinasional ini berskala besar yaitu minimal 20 miliar dolar AS dan memiliki tingkat keuntungan yang tinggi yakni minimal 10 persen sebelum pajak.

Selanjutnya, kesepakatan pilar kedua ditujukan untuk mengatasi isu BEPS yaitu memastikan perusahaan multinasional dengan minimal omset konsolidasi sebesar 750 juta dolar AS membayar pajak penghasilan dengan tarif minimal 15 persen di negara domisili.

Pilar kedua ini menghilangkan adanya persaingan tarif pajak yang tidak sehat atau Race to the Bottom sehingga diharapkan menghadirkan sistem perpajakan internasional yang lebih adil dan inklusif.

Dengan batasan atau threshold tersebut, Indonesia berpeluang untuk mendapatkan tambahan pajak dari perusahaan multinasional domisili Indonesia yang memiliki tarif pajak penghasilan efektif di bawah 15 persen.

Di samping potensi manfaat, pilar kedua juga berdampak pada kebijakan insentif pajak penghasilan pemerintah yakni penerapan tarif pajak efektif kurang dari 15 persen harus didesain ulang menyesuaikan dengan pilar ini.

Pemerintah Indonesia tidak lagi dapat menerapkan insentif pajak dengan tarif yang lebih rendah dari 15 persen dengan tujuan seperti menarik investasi sehingga keputusan investasi tidak lagi berdasarkan tarif pajak namun berdasarkan faktor fundamental.

Sistem perpajakan internasional ini selaras dengan reformasi perpajakan nasional yang di antaranya bertujuan untuk meningkatkan basis pemajakan secara adil sehingga mampu mengoptimalkan sumber penerimaan domestik.

Penyebab rendah dan terus turunnya rasio pajak terhadap PDB Indonesia adalah belum mampunya sistem pemajakan menangkap peningkatan aktivitas ekonomi yang salah satunya karena BEPS.

Berdasarkan OECD, 60 persen hingga 80 persen perdagangan internasional merupakan transaksi afiliasi perusahaan multinasional yang ditujukan untuk menghindari pajak dengan cara memindahkan laba ke negara dengan tarif pajak lebih rendah.

Kerugian potensi pajak negara-negara secara global diperkirakan sebesar 100 miliar dolar AS sampai 240 miliar dolar AS atau setara dengan 4 persen sampao 10 persen PDB global.

Febrio menyebutkan laporan wajib pajak di Indonesia menunjukkan 37 persen sampai 42 persen PDB merupakan transaksi afiliasi yang jika dibiarkan akan merugikan perpajakan dalam negeri.

Baca juga: Komite Pengawas Perpajakan berkomitmen kawal reformasi perpajakan

Baca juga: Menkeu: Reformasi perpajakan atasi tantangan perkembangan global

 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021