Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa masyarakat memiliki peran besar dalam menekan kasus di tingkat keluarga.


 
  "Peningkatan kasus yang tajam sebagian besar terjadi akibat penularan di tingkat keluarga. Untuk itu saya perlu menegaskan bahwa peran masyarakat sangat besar dalam menekan klaster keluarga," kata Wiku dalam konferensi pers bertajuk "Perkembangan Penanganan COVID-19 Di Indonesia" yang dipantau via daring di Jakarta, Kamis.


 
  Selama satu pekan PPKM Darurat dilaksanakan, Wiku mengatakan, memang sudah mulai terjadi penurunan mobilitas di masyarakat, baik ke tempat kerja, tempat umum, tempat wisata dan stasiun.


 
  Namun, lanjut dia, penurunan mobilitas itu belum cukup untuk menurunkan angka kasus, mengingat selama beberapa hari terakhir terus meningkat, bahkan mencapai lebih dari 50.000 pasien per harinya.


 
  Karena itu, lanjut dia, masyarakat diminta untuk terus disiplin menjalankan protokol kesehatan, baik di dalam rumah maupun di luar rumah.


 
  "Khusus di dalam rumah, protokol kesehatan yang dapat dilakukan oleh masyarakat, antara lain segera mandi setelah pulang setelah aktivitas di luar rumah, rutin membersihkan rumah dengan disinfektan, rajin mencuci tangan selama 20 detik," ujarnya.


 
  Ia mengatakan protokol kesehatan di dalam rumah itu merupakan hal yang penting dilakukan untuk mencegah munculnya klaster keluarga.


 
  "Saya juga meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk secara bersama-sama menegakkan kedisiplinan protokol kesehatan melalui posko di wilayahnya masing-masing. Dengan demikian penularan di tingkat mikro, yaitu lingkungan keluarga, dapat dicegah," kata Wiku.


 
  Dalam kesempatan itu, Wiku juga mengatakan, pemerintah sedang berupaya untuk menambah jumlah tenaga kesehatan dalam rangka mengatasi pandemi.


 
  "Penambahan tenaga kesehatan menjadi fokus perbaikan penanganan yang dilakukan pemerintah," ujar Wiku.


 
  Ia menyampaikan bahwa kebutuhan tenaga kesehatan itu akan diisi oleh mahasiswa tingkat akhir dan perawat yang belum melewati ujian kompetensi (ukom), namun dengan supervisi dari perawat senior.


 
  Untuk penambahan dokter, Wiku mengatakan, pemerintah akan menarik dokter yang telah menyelesaikan masa studi internship.


 
  "Sementara peningkatan ketersediaan sumber daya penunjang, seperti oksigen dan obat-obatan juga akan dilakukan dengan melibatkan seluruh unsur kementerian lembaga dan TNI-Polri terkait dalam pengadaan dan distribusinya, mengacu pada estimasi kebutuhan provinsi," ujarnya.


 
  Kendati demikian, Wiku mengatakan, dampak penurunan kasus dari berbagai upaya yang tengah dilakukan itu akan sulit terlihat apabila masyarakat tidak turut serta untuk menekan penularan.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021