Jakarta (ANTARA News) - Wacom Singapore bekerja sama dengan PT Datascrip sebagai authorized distributor di Indonesia, secara resmi meluncurkan ditoko.com, sebuah authorized retail partner Datascrip.

"Wacom Authorized Retail Partner (WARP) yang pertama kali diresmikan di Bandung, sekaligus Wacom Authorized Partner yang ke-4 di Indonesia. Hal ini menjadi kehormatan, sekaligus menunjukkan komitmen Wacom untuk mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia, khususnya industri Digital Content Creation," kata KC Leong Sales manager WACOM South & South East Asia, di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, sebagai salah satu sentra industri kreatif di Indonesia, sangatlah wajar bila Bandung dipilih untuk menjadi lokasi WARP ini, karena misi utama dari WARP ialah menjadi pusat edukasi para pengguna mengenai manfaat, penggunaan, dan pilihan-pilihan produk yang tersedia dari Wacom.

Selain memiliki rentang produk yang lengkap termasuk asesoris, setiap WARP diperlengkapi dengan demo counter yang dapat digunakan bagi para konsumen untuk melihat cara penggunaan dan bahkan mencoba langsung produk-produk tersebut.

Selain itu, WARP juga berperan aktif mempromosikan manfaat dan keuntungan penggunaan Wacom melalui keterlibatannya dalam berbagai pameran dan roadshow. Lokasi Balubur menjadi pilihan karena letaknya yang strategis, berdekatan dengan beberapa pusat pendidikan disain digital penting di kota Bandung.

Sementara Joshua Siregar Marketing Manager PT Datascrip mengatakan, kehadiran Wacom Authorized Partner secara langsung mengusung nama Wacom, maka untuk menjadi WARP suatu dealer harus memenuhi berbagai persyaratan yang ketat, antara lain memiliki outlet yang permanen, menyediakan area khusus untuk mendisplay semua produk Wacom, serta tunduk dengan semua ketentuan penjualan yang diatur oleh distributor resmi.

Selain itu mereka juga harus memiliki sumber daya manusia yang cukup dan kompeten secara teknis untuk memberikan penjelasan dan melakukan penanganan masalah (first line troubleshooting) bila diperlukan. Karena itu semua staf yang ditempatkan harus sudah mengikuti pelatihan yang ditentukan sebelumnya dan dilakukan secara berkala.

"Dengan kehadiran WARP ini diharapkan Wacom melalui jaringan distribusi Datascrip dapat memberikan kontribusi yang lebih baik bagi perkembangan industri kreatif, dengan semakin banyaknya orang terlibat di dalam industri ini. Masyarakat juga mendapatkan informasi yang aktual mengenai perkembangan terkini dalam dunia desain digital/kreasi konten digital.

Bagi pihak Wacom, keberadaan WARP merupakan sarana untuk membangun minat akan produk-produknya sembari meningkatkan penetrasi pasar dari produk Wacom. Bagi pihak ditoko.com, status WARP berarti dukungan penuh dari pihak Datascrip, yang merupakan nilai tambah tersendiri bagi para konsumennya.

"Dengan begitu, kehadiran WARP memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat," ujarnya.

(ANT-135/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010