Timika (ANTARA News ) - Duta Besar (Dubes) Vatikan untuk Indonesia, Mgr Leopoldo Girreli, Rabu petang memimpin perayaan pemberkatan dua patung Mbitoro yang dipancangkan di depan Gereja Katedral Tiga Raja Timika, Papua.

Dua patung Mbitoro yang dipancangkan di sisi timur dan barat Gereja Katedral Timika itu dibawa oleh warga suku Kamoro (suku asli Mimika) dari wilayah timur dan barat Mimika sebagai peringatan arwah para misionaris dan tokoh-tokoh yang berjasa dalam mengembangkan ajaran Katolik di tanah Mimika dan Amungsa.

Dubes Vatikan (Papal Nuncio), Leopoldo menyampaikan ucapan terima kasih atas penjemputan secara meriah oleh umat Katolik di Keuskupan Timika.

"Saya senang sekali bisa berada diantara anda sekalian," kata wakil resmi Sri Paus Benediktus XVI itu.

Ia mengatakan, kedatangannya dari Jakarta mewakili Sri Paus di Roma Vatikan.

"Sri Paus sangat mencintai umat Katolik di seluruh dunia. Saya membawa salam hangat dan berkat apostolik (berkat Paus) untuk umat Katolik di Keuskupan Timika," kata Leopoldo Girreli yang berasal dari Italia itu.

Ia menilai penyambutan oleh umat Katolik Keuskupan Timika sangat luar biasa.

Dubes Vatikan yang didampingi sejumlah uskup di Indonesia itu tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika sekitar pukul 14.28 WIT menggunakan penerbangan Merpati Nusantara Airlines dari Jakarta.

Setiba di Bandara Mozes Kilangin Timika, Bupati Mimika Klemen Tinal mengalungkan bunga ke leher Dubes Vatican.

Begitu keluar dari Bandara Mozes Kilangin Timika, Dubes Vatikan disambut ribuan para penari suku-suku pegunungan Papua seperti suku Amungme, Mee, Moni, Dani, Damal, dan Nduga serta tarian etnik dari daerah Toraja Sulsel, dan Kei Maluku Tenggara.

Dubes Vatikan menumpang kendaraan terbuka dari Bandara Mozes Kilangin menuju Gereja Katedral Timika didampingi Bupati Klemen Tinal dan Uskup Timika Mgr John Philip Saklil.

Ketika iring-iringan kendaraan yang membawa rombongan Dubes Vatikan tiba di Gereja Katedral Timika, ribuan penari suku Kamoro sudah menunggu dengan menampilkan tarian kolosal.

Uskup Agung Ende Nusa Tenggara Timur, Mgr Inocentius Senti Potokota kepada ANTARA mengaku kagum dengan penerimaan umat Katolik Keuskupan Timika."Ini sungguh luar biasa," katanya.

Dubes Vatikan, Leopoldo Girreli melakukan kunjungan ke Timika untuk menghadiri acara misa konsekrasi pemberkatan gedung Gereja Katedral Tiga Raja Timika, Kamis (7/10) pagi.
(E015/A011)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010