Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita Kamis (15/7) yang menarik untuk disimak mulai dari Presiden Joko Widodo meminta penyaluran obat isolasi mandiri (isoman) gratis diawasi ketat hingga pengadaan 50 juta dosis vaksin Pfizer. Berikut berita-berita tersebut :

1. Presiden Jokowi minta penyaluran obat isoman gratis diawasi ketat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk mengawasi secara ketat pembagian obat terapi COVID-19 gratis kepada pasien yang sedang isolasi mandiri di rumah.

Presiden Jokowi di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, mengatakan pembagian obat terapi COVID-19 ke pasien isolasi mandiri (isoman) ini untuk mengurangi risiko dan membantu pengobatan pasien.

Baca juga: Panglima TNI jelaskan alur peroleh obat-vitamin bagi pasien isoman

Baca juga: Menteri BUMN: Paket obat gratis agar rakyat tidak kebingungan


2. Kemenkes sepakati pengadaan 50 juta dosis Pfizer di Indonesia

Kementerian Kesehatan RI dengan PT Pfizer Indonesia dan BioNTech SE menyepakati kerja sama penyediaan 50 juta dosis vaksin Pfizer di Indonesia sepanjang 2021.

"Saya ucapkan terima kasih atas kerjasamanya dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan vaksin COVID-19 di Indonesia. Dengan bertambahnya stok vaksin 50 juta dosis merk Pfizer ini diharapkan dapat mempercepat pelaksanaan vaksinasi di Indonesia,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melalui pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.
Baca juga: Kemenkes sepakati pengadaan 50 juta dosis Pfizer di Indonesia

3. Menteri BUMN: Paket obat gratis agar rakyat tidak kebingungan

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan pendistribusian obat dan vitamin gratis bagi pasien COVID-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman) adalah agar rakyat tidak merasa kebingungan.

"Kami diberi tugas untuk memberikan suplai atau kepastian untuk pengadaan 300 ribu paket yang sekarang sudah dipromosikan, tentu hal ini menjaga negara hadir untuk rakyat, kita mau rakyat segera sembuh dari COVID-19, kita mau rakyat tidak kebingungan dengan adanya isu kekurangan obat," kata Erick Thohir di halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis.

4. Kemenag minta penyuluh gandeng satgas awasi potensi pelanggaran prokes

Kementerian Agama meminta jajarannya di kantor wilayah, KUA, maupun penyuluh agar menggandeng Satgas Penanganan COVID-19 setempat untuk mengawasi potensi pelanggaran penerapan protokol kesehatan sesuai surat edaran perihal Idul Adha dan Kurban.

"Para penyuluh agama, KUA, untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Shalat Idul Adha dan kurban. Apabila menemukan potensi pelanggaran ketentuan pada surat edaran tentu wajib berkoordinasi dengan Pemda dan Satgas COVID-19," ujar Sekretaris Ditjen Bimas Islam M. Fuad Nasar dalam siaran yang dipantau dari Jakarta, Kamis.

Baca juga: Kemenag minta penyuluh gandeng satgas awasi potensi pelanggaran prokes

5. BPOM beri izin edar darurat vaksin Pfizer di Indonesia

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI memberikan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) untuk vaksin COVID-19 Pfizer di Tanah Air.

"Ini merespons kesepakatan yang sudah berjalan antara Kementerian Kesehatan RI dengan produsen PT Pfizer Indonesia dan BioNTech SE bekerja sama untuk penyediaan vaksin Pfizer yang akan datang sepanjang tahun 2021," kata Kepala BPOM RI Penny K Lukito melalui keterangan kepada wartawan secara virtual dan dipantau dari Jakarta, Kamis.

Baca juga: BPOM beri izin edar darurat vaksin Pfizer di Indonesia

Baca juga: Produsen fasilitasi sarana prasarana Pfizer hingga lokasi vaksinasi


Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021