Saham Inggris akhir pekan naik, ditopang pembukaan kembali ekonomi

Saham Inggris akhir pekan naik, ditopang pembukaan kembali ekonomi

Ilustrasi: Bursa saham Inggris. ANTARA/REUTERS/pri. (ANTARA/REUTERS)

Jakarta (ANTARA) - Indeks FTSE 100 di Bursa Saham London, Inggris, naik pada hari Jumat, didorong oleh optimisme tentang pembukaan kembali ekonomi, tetapi indeks membukukan kerugian mingguan karena pelemahan pada saham energi dan perjalanan.

Indeks saham unggulan FTSE 100 naik 0,4 persen, dengan peritel Unilever dan Diageo menjadi pendorong utama. Indeks mengakhiri minggu ini dengan 1,1 persen lebih rendah, dipimpin oleh penurunan mingguan 4,4 persen pada saham energi dan penurunan 6,6 persen pada saham perjalanan.

Indeks saham kapitalisasi menengah FTSE 250 yang berfokus di dalam negeri naik 0,4 persen, terangkat oleh maskapai berbiaya rendah Wizz Air dan EasyJet, dan grup pariwisata TUI, karena Inggris akan melonggarkan semua pembatasan penguncian mulai Senin.

Baca juga: Saham Inggris turun hari ketiga, indeks FTSE 100 merosot 1,12 persen

Ekonomi Inggris akan berkembang pesat pada kuartal ini karena pembatasan tambahan terkait Virus Corona dicabut dan permintaan terpendam lebih lanjut dilepaskan, sebuah jajak pendapat Reuters menemukan, tetapi pertumbuhan itu menghadapi risiko dari varian baru COVID-19.

Burberry turun 0,9 persen walaupun telah mengatakan membuat "awal yang sangat baik" untuk tahun yang baru, dengan percepatan penjualan pada harga penuh dan pertumbuhan yang kuat pada barang-barang berbahan kulit dan pakaian luar.

Baca juga: Saham energi seret turun FTSE 100 karena inflasi dan khawatir virus

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar