Jakarta (ANTARA) - Saham Eropa naik pada awal perdagangan hari Jumat setelah saham perjalanan rebound dari kerugian tajam pada awal pekan ini, sementara sejumlah laporan pendapatan yang optimis dibayangi kekhawatiran tentang meningkatnya kasus COVID-19 varian Delta di benua itu.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik 0,3 persen pada 07.22 GMT. Saham perjalanan dan ritel adalah yang menguat teratas di antara sektor.

Saham Swedbank naik 3,4 persen setelah melaporkan laba yang lebih baik dari perkiraan di tengah booming pasar hipotek dan rekor tingkat pendapatan komisi.

Baca juga: Perusahaan minyak utama seret saham Eropa lebih rendah

Saham pembuat Cartier, Richemont, naik 1 persen, karena penjualan triwulanan pada nilai mata uang yang konstan meningkat lebih dari dua kali lipat, terangkat oleh kinerja yang kuat di Amerika dari merek perhiasannya.

Saham Ericsson Swedia turun 9,4 persen setelah melaporkan pendapatan inti kuartal kedua di bawah perkiraan pasar, terpukul oleh penurunan penjualan di China daratan.

Indeks FTSE 100 Inggris dan saham kapitalisasi menengah FTSE 250 masing-masing naik 0,5 persen setelah penurunan tajam awal pekan ini, dimana lebih banyak pembatasan pandemi akan dicabut pada hari Senin.

Baca juga: Saham Inggris akhir pekan naik, ditopang pembukaan kembali ekonomi

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021