Kasatpol PP Jakbar ingatkan anggota bertugas tanpa makian hadapi warga

Kasatpol PP Jakbar ingatkan anggota bertugas tanpa makian hadapi warga

Petugas Satpol PP Kota Jakarta Barat menutup permanen Hotel Wisma Prima, Taman Sari, Jakarta Barat pada beberapa waktu lalu. ANTARA/Anisyah Rahmawati/am.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Jakarta Barat Tamo Sijabat mengingatkan anggota harus menghindari ucapan makian dan cacian saat menjalankan tugas menghadapi masyarakat mematuhi aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Baca juga: Polisi periksa empat pengunjung positif narkoba di Tipsy Monkey Bar

Dia mengatakan anggota yang bertugas di lapangan harus melayani masyarakat dengan ramah dan mengedepankan sikap humanis, serta menghindari tindakan represif.

"Jangan kepancing emosi, bisa ada yang memaki-maki, ada yang provokatif, ya kita selalu ingatkan untuk tidak emosi," kata Tamo saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Selama ini, Tamo menuturkan selalu berkoordinasi dengan seluruh anggota Satpol PP Jakarta Barat melalui grup aplikasi pesan singkat (WhatsApp) untuk saling mengingatkan saat menjalankan tugas agar bersikap humanis.

Baca juga: Satpol PP tutup Tipsy Monkey Bar karena melanggar aturan PPKM Mikro
 
Namun, Tamo juga berharap masyarakat berpartisipasi menjalankan protokol kesehatan dan mentaati ketentuan PPKM Darurat yang diterapkan pemerintah untuk menekan penyebaran kasus COVID-19.
 
"Ini kan buat kepentingan masyarakat bukan buat kepentingan Satpol PP," kata Tamo.
 
Pernyataan Tamo itu terkait video yang merekam aksi seorang Satpol PP di Goa Sulawesi Selatan yang memukul pasangan suami istri sebagai pemilik rumah makan lantaran melanggar PPKM Darurat.

Video yang tersebar melalui media sosial itu menjadi perhatian masyarakat karena berbuntut panjang hingga diproses secara hukum oleh pihak kepolisian setempat.

Baca juga: Langgar PPKM mikro, 47 tempat usaha ditutup sementara

Pewarta: Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Satpol PP bentuk tim untuk amankan Pasar Johar dari PKL liar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar