Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso sebagai komisaris baru PLN.

"Sesuai dengan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN melalui Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) nomor SK-239/MBU/07/2021 pada tanggal 16 Juli 2021 telah memutuskan mengangkat dan menetapkan Susiwijono Moegiarso, Heru Winarko, dan Alex Iskandar Munaf sebagai Komisaris PLN," ujar Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Dia juga menyampaikan bahwa RUPS tersebut juga memberhentikan dengan hormat Ilya Avianti, Murtaqi Syamsuddin, Deden Juhara dan Mohammad Rudy Salahuddin sebagai komisaris PLN.

Keluarga Besar PLN mengucapkan selamat bertugas dan akan mendukung penuh Susiwijono Moegiarso, Heru Winarko dan Alex Iskandar Munaf sebagai Komisaris PLN.

Serta menyampaikan terima kasih atas dedikasi yang telah diberikan oleh Ilya Avianti, Murtaqi Syamsuddin, Deden Juhara dan Mohammad Rudy Salahuddin.

"Pergantian Komisaris merupakan hal yang biasa terjadi dan bagian dari upaya meningkatkan kinerja perusahaan. PLN terus berkomitmen untuk melakukan transformasi guna memberikan pelayanan yang terbaik dan prima bagi seluruh pelanggan di Tanah Air," kata Agung Murdifi.

Dalam laman situs resmi Kemenko Perekonomian, Susiwijono Moegiarso lahir di Ponorogo pada tanggal 07 Juli 1969. Ia menempuh pendidikan Sarjana pada jurusan Ekonomi Manajemen di Universitas Indonesia (1997). Kemudian Ia menyelesaikan pendidikan Magister pada jurusan Ilmu Ekonomi di Universitas Trisakti Jakarta (2017).

Sebelum menjabat sebagai Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sejak tahun 2018, Ia pernah menduduki posisi sebagai Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi, dan Teknologi Informasi Kementerian Keuangan (2015); Direktur Penerimaan dan Peraturan Kepabeanan dan Cukai di Direktorat Penerimaan dan Peraturan Kepabeanan dan Cukai, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (2012); dan Direktur Informasi Kepabeanan dan Cukai di Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (2010). Saat ini, Ia juga ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Deputi Bidang Perniagaan dan Industri Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Dengan perubahan di atas maka susunan Komisaris PLN sebagai berikut:

1. Amien Sunaryadi – Komisaris Utama/Komisaris Independen
2. Suahasil Nazara – Wakil Komisaris Utama
3. Mohamad Ikhsan – Komisaris
4. Muhammad Yusuf Ateh – Komisaris
5. Rida Mulyana – Komisaris
6. Dudy Purwagandhi – Komisaris
7. Eko Sulistyo – Komisaris
8. Ardan Adiperdana – Komisaris
9. Susiwijono Moegiarso – Komisaris
10. Heru Winarko - Komisaris Independen
11. Alex Iskandar Munaf - Komisaris Independen

Baca juga: Erick sebut refocusing Telkom dan Telkomsel untuk bantu startup muda
Baca juga: Erick Thohir: Transformasi total BUMN untuk hadapi kondisi pasca-Covid

Baca juga: PLN dukung netral karbon dengan mempensiunkan PLTU batu bara
 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021