Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah RI (Menkop UKM) mengapresiasi upaya GoFood dalam meluncurkan program dukungan bagi pelaku usaha kuliner. Hal ini dinilai senantiasa memberikan dukungan kepada pelaku UMKM untuk dapat bertahan, bahkan bertumbuh, meski saat ini sedang dalam kondisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Adopsi digital di kalangan pelaku UMKM termasuk di bidang kuliner, menjadi program yang terus kami genjot sejak awal masa pandemi," kata Menteri Koperasi & UKM, Teten Masduki.

Baca juga: Menparekraf apresiasi inisiatif GoFood bekali prokes ketat untuk mitra

"Untuk itu, saya mengapresiasi langkah GoFood yang dalam masa PPKM Darurat ini merespon cepat dengan memberikan dukungan kemudahan digitalisasi dan paket bantuan subsidi promo ini kepada para pelaku usaha kuliner baru yang ingin beralih ke online, termasuk para UMKM binaan Kementerian Koperasi dan UKM," jelas Teten.

Teten menambahkan, "Hal itu sejalan dengan fokus kami untuk terus mendukung UMKM agar dapat bertahan. Secara jangka panjang, inisiatif ini turut membantu program kami dalam menargetkan digitalisasi UMKM yakni 30 juta UMKM masuk platform digital di tahun 2024.”

GoFood, sebagai bagian dari ekosistem Gojek, memiliki banyak program untuk mendukung pelaku usaha. Salah satunya, GoFood menghadirkan program dukungan bagi mitra usaha untuk terus mendukung UMKM di masa pandemi berupa tambahan subsidi promosi selama PPKM darurat bagi mitra usaha yang bergabung sebelum 1 Juli 2021 dan paket komisi spesial untuk UMKM kuliner yang baru bergabung ke ekosistem Gojek per 1 Juli 2021.

Baca juga: Intip promo 15 jawara Digitarasa GoFood, kuliner pilihan Chef Arnold

Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, "Kami memahami bahwa gelombang kedua pandemi dan PPKM Darurat membatasi para pelaku UMKM untuk beroperasi demi memutus rantai penyebaran COVID-19. Karenanya, kami konsisten mencari solusi agar mitra usaha dapat terus bertumbuh, salah satunya dengan meluncurkan dukungan tambahan subsidi promo selama periode PPKM Darurat. Program ini dapat dimanfaatkan oleh mitra usaha yang selama ini telah bertumbuh bersama Gojek dan GoFood dan mendaftar sebelum 1 Juli 2021.”

Catherine menambahkan, "Pada masa PPKM Darurat, GoFood meluncurkan paket komisi spesial bagi mitra usaha baru mendaftar dan bergabung di ekosistem GoFood mulai dari tanggal 1 Juli hingga 31 Agustus 2021. Upaya ini kami lakukan sebagai salah satu solusi untuk membantu teman-teman pelaku UMKM baru agar dapat cepat beradaptasi.”

Selain itu, Gojek terus memberikan dukungan menyeluruh untuk memperkuat penerapan #ProteksiEkstra di masa pandemi, yakni, mendistribusikan aset digital penunjang protokol kesehatan di setiap pesanan kuliner, seperti safety seal atau selotip pengaman. Gojek juga memfasilitasi akses vaksinasi bagi ribuan mitra usaha di DKI Jakarta dan Batam, yang juga berkolaborasi dengan Kemenparekraf untuk sentra vaksinasi di DKI Jakarta. Fasilitas akses vaksinasi ini akan diperluas ke wilayah lainnya.

Gojek juga membagikan hygiene care kits bagi mitra usaha GoFood yang telah divaksinasi, menampilkan di aplikasi status vaksinasi mitra driver, desinfeksi kendaraan, dan pengecekan suhu tubuh mitra driver untuk terus menjaga keamanan dan kepercayaan pelanggan.

Baca juga: Fasilitasi ribuan mitra GoFood, vaksinasi Gojek kian masif

Di ranah edukasi komunitas untuk meningkatkan keterampilan usaha, Gojek juga memberikan berbagai akses pelatihan dan berjejaring bagi sesama mitra usaha melalui Komunitas Partner GoFood (KOMPAG).

Pegiat UMKM dan Pakar Komunikasi Digital, Dr. Erwin Panigoro, ST, MM, CMA menjelaskan bahwa kondisi pandemi yang sudah berjalan lebih setahun lamanya menuntut pebisnis UKM untuk berpikir keras demi mempertahankan usahanya.

"Di tengah kenyataan bahwa banyak UMKM yang harus menghentikan usahanya, kehadiran program dukungan bagi pelaku UMKM kuliner dari GoFood akan memberikan angin segar bagi para pengusaha dan lanskap UMKM di Indonesia agar mereka dapat bertahan, semangat memulai usaha, dan UMKM tetap menggeliat walau di tengah pandemi," kata Dr. Erwin.

Ia menilai bahwa inovasi yang dijalankan GoFood tidak hanya membuat UMKM kuliner bertahan, melainkan memberi ruang untuk berkembang bersama di tengah situasi bisnis yang dinamis.

"Saya mengapresiasi langkah-langkah GoFood dan mendukung upaya yang tengah dilakukan ini agar senantiasa memberikan dampak positif bagi para pelaku UMKM Indonesia," demikian Dr. Erwin.


Baca juga: GoFood dan TikTok beri edukasi pemasaran digital untuk UMKM kuliner

Baca juga: Kumpulan aplikasi pesan makanan sahur dan buka puasa

Baca juga: Promosi dan diskon jadi andalan untuk berbisnis kuliner secara daring

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021