Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal delegasi China Liu Guoyong mendorong para atlet untuk berusaha mencapai hasil terbaik dalam Olimpiade Tokyo, seiring dengan pengiriman delegasi terbesarnya yang berjumlah 777 orang ke ajang paling bergengsi tersebut. 

"Tujuan delegasi China adalah untuk tetap kompetitif dalam perolehan medali emas. Jumlah total medali emas delegasi China di setiap Olimpiade telah menurun sejak 2008, dan kami ingin menghentikan tren ini di Tokyo," ujar Liu yang juga wakil presiden Komite Olimpiade China, seperti dikutip laman resmi Xinhua, Jumat.

Sementara China mengharapkan perolehan medali emas dari cabang olahraga tradisionalnya yang kuat, diantaranya tenis meja, bulu tangkis, senam, angkat besi, menembak dan menyelam, atlet China juga mengincar kesuksesan dalam cabang yang akan melakukan debut pada Olimpiade Tokyo nanti, yaitu skateboard dan panjat tebing.

"Kami memiliki pesaing medali di beberapa olahraga lain, seperti dayung, terutama pada nomor empat putri dan nomor delapan putri," ungkap Liu.

"Kami juga telah melihat kemajuan besar dalam olahraga bola, seperti sepak bola putri, hoki putri dan polo air putri. 

"Kami perlu memastikan tidak ada infeksi COVID-19 dalam delegasi kami selama Olimpiade, dan kami akan mengikuti semua aturan yang disyaratkan oleh panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo," pungkas Liu. 

Baca juga: Satu hotel dengan turis, atlet China khawatir terpapar COVID-19 
Baca juga: China diperkirakan kembali cetak rekor pengiriman atlet ke Olimpiade


Baca juga: China pertimbangkan wakil perdana menteri hadiri pembukaan Olimpiade 
Baca juga: China bawa pesenam berpengalaman ke Olimpiade Tokyo 

 

Pewarta: Gheovano Alfiqi/Fitri Supratiwi
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021