Jakarta (ANTARA News) - eBay, salah satu pasar e-commerce terbesar di dunia, mengumumkan kerjasamanya dengan Plasa.com untuk menjual segala jenis produk Indonesia melalui toko online-nya.

Kemitraan tersebut diharapkan dapat membuka peluang bagi bisnis lokal untuk masuk dan bersaing di pasar global sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Shinta W. Dhanuwardoyo Chief Executive Officer Plasa.com dalam jumpa pers di Hotel Intercontinental Jakarta Kamis mengatakan, keuntungan kerjasama ini dapat membuka pintu usaha lokal dan mengenalkannya ke pasar global.

Kerjasama itu didasari oleh pertumbuhan Internet di Indonesia yang meningkat dan banyaknya produk Indonesia yang mampu bersaing dengan produk global tetapi belum dikenal di mancanegara.

"Indonesia merupakan pasar online yang tumbuh pesat dan memiliki potensi yang sangat besar," kata Oliver Hua, Chief Operating Officer eBay.

Plasa.com dan eBay telah menyiapkan protal informasi co-branding yaitu www.plasa.com/ebay dimana pengguna dapat mengetahui dan belajar berpartisipasi dalam eBay.

Plasa.com didirikan pada 1999 di bawah PT Telkom Tbk, lalu diluncurkan kembali pada 27 Mei 2010 sebagai perusahaan e-commerce.

Ketika ditanya ANTARA apakah para wirausahawan Indonesia siap melakukan transaksi melalui Internet, Andi S Budiman, Chief Innovation Officer Plasa.com, mengatakan mereka membutuhkan waktu untuk beradapatasi.

"Oleh karena itu kami akan selalu memberikan mereka informasi melalui telepon, email dan media lain tentang harga, promosi dan manajemen produk," kata Andi

Plasa.com akan mempromosikan konten ini melalui situsnya dan mengajak beberapa wirausahawan untuk menjual produknya melalaui Plasa.com/eBay.

"Ada dua hal yang harus dicermati, eBay memiliki akses ke Internasional dan kita memiliki produk unik yang siap dipasarkan," kata Andi.

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010