Jakarta (ANTARA) - Platform jaringan sosial berbasis suara Clubhouse baru-baru ini meluncurkan fitur pesan instan Backchannel, yang memungkinkan pengguna berkirim pesan antara dua individu ataupun dalam format grup, serta fitur "kotak masuk" berisi permintaan pengiriman pesan dari akun lain.

Melalui keterangannya pada Sabtu, Clubhouse mengatakan pengguna dapat memanfaatkan Backchannel untuk berdiskusi di rooms secara real-time.

"Jika Anda seorang pembicara, Anda dapat menggunakan Backchannel untuk mengobrol dengan rekan pembicara lainnya, menyiapkan pertanyaan apa yang akan diajukan selanjutnya, atau memilih siapa audiens yang akan dipersilakan masuk ke rooms," kata Clubhouse.

"Jika Anda seorang pendengar, Anda dapat mengobrol dengan teman-teman Anda sesama pendengar selagi mendengarkan diskusi yang sedang berlangsung di rooms. Cukup ketuk ikon ‘pesawat’ atau geser layar ke kiri, untuk mengakses Backchannel," imbuhnya.

Selain itu, pengguna bisa kirim dan terima pertanyaan dari audiens. Jika Anda seorang pembicara, sekarang Anda dapat menjawab pertanyaan dari audiens melalui teks dan menyaring pertanyaan yang masuk melalui teks tersebut untuk memilih audiens mana yang akan dipersilakan masuk ke rooms untuk berbicara atau menyampaikan pertanyaan tersebut secara langsung.

Sementara, jika Anda seorang pendengar, sekarang Anda dapat mengajukan pertanyaan melalui teks, jika Anda tidak mendapatkan kesempatan untuk berbicara di rooms.

Backchannel juga bisa digunakan untuk menyampaikan terima kasih secara langsung kepada sesama pengguna Clubhouse. Anda dapat menggunakan Backchannel untuk berkomunikasi dengan teks secara langsung kepada sesama pengguna Clubhouse, baik sebagai pembicara atau pendengar.

Lebih lanjut, fitur dapat digunakan untuk merencanakan acara. "Banyak hal yang perlu disiapkan untuk melangsungkan sebuah acara atau sebuah rooms di Clubhouse. Kini Anda bisa melakukan koordinasi dengan lebih mudah melalui teks dengan berbagai pihak demi kesuksesan acara atau rooms tersebut," kata Clubhouse.

Terakhir, pengguna bisa mengobrol dengan teman-teman di Clubhouse melalui Backchannel.

Sementara itu, Clubhouse kini memiliki banyak fitur tambahan lainnya yang sedang dikembangkan untuk versi terbaru dari aplikasi sesuai kebutuhan pengguna.


Baca juga: Clubhouse dan TED kolaborasi untuk program audio eksklusif

Baca juga: Clubhouse ternyata punya fitur kirim pesan privat

Baca juga: Facebook luncurkan fitur audio mirip Clubhouse

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021