Insya Allah, jika usulan penambahan runway ini diakomodir, maka pesawat Boeing sudah bisa mendarat di Simeulue
Banda Aceh (ANTARA) - Bupati Kabupaten Simeulue, Aceh, Erli Hasim menyatakan pihaknya sudah mengusulkan perpanjangan landasan pacu atau runway Bandara Lasikin, Simeulue, kepada Kementerian Perhubungan.

"Kita sudah menyampaikan kepada Kementerian Perhubungan untuk bisa melakukan perluasan dengan pemangkasan gunung yang ada ujung landasan bandara," katanya di Banda Aceh, Sabtu.

Erli mengatakan pihaknya mengusulkan penambahan runway Bandara Lasikin  sepanjang 500 meter lagi.

Baca juga: Pemerintah perluas landasan pacu Bandara Nagan Raya Aceh tahun 2021

Menurut dia, Bandara Lasikin sudah pernah diperpanjang 400 meter menjadi 1.710 meter, sehingga dapat didarati pesawat jenis ATR. Namun, pihaknya ingin diperpanjang lagi 500 meter, sehingga bisa didarati pesawat jenis Boeing.

"Insya Allah, jika usulan penambahan runway ini diakomodir, maka pesawat Boeing sudah bisa mendarat di Simeulue," ujarnya.

Erli menuturkan surat permohonan perpanjangan landasan sudah disampaikan langsung kepada Presiden dan berdasarkan informasi yang diterimanya, sudah ada permintaan agar Kementerian Perhubungan melakukan evaluasi.

Perpanjangan runway tersebut merupakan proses jangka panjang, sehingga, lanjutnya, untuk saat ini kondisi bandara Lasikin sudah cukup memadai sebagai landasan transportasi udara lokal.

"Untuk Simeulue, penerbangan ATR itu sudah memadai dan kita tidak juga harus memaksakan dilakukan penerbangan Boeing. Tetapi, prosesnya tetap terus berjalan," kata Erli.

Baca juga: ADIA berminat bangun Bandara di Sabang Aceh
Baca juga: Luhut minta Kemenhub perpanjang landasan pacu Bandara Aceh Singkil

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021