Menparekraf tinjau sentra vaksinasi Sesko AU Lembang

Menparekraf tinjau sentra vaksinasi Sesko AU Lembang

(Ki-ka) Komandan SESKO AU Samsul Rizal dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno di Sentra Vaksinasi Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (SESKO AU) di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (17/7/2021). (ANTARA/Kemenparekraf RI)

Kami dukung secara all out, karena PPKM darurat bisa menekan angka penularan COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meninjau sentra vaksinasi di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (SESKO AU) di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, yang diselenggarakan sebagai upaya mendukung program percepatan target vaksinasi sebesar 3 juta orang per hari pada Oktober 2021.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, hal ini sebagai upaya 3G (Gercep, Geber, Gaspol) untuk mempercepat terbentuknya herd immunity bagi 34 juta pelaku parekraf terutama di wilayah Bandung Barat yang merupakan daerah padat penduduk dan memiliki destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

"Kita harus all out berpartisipasi menyukseskan program vaksinasi ini. Per hari ini sudah 8.000 yang mendaftar. Saya ucapkan terima kasih kepada Sesko AU, dan stakeholder lainnya untuk berkolaborasi," kata Menparekraf, dalam pernyataan resmi, Sabtu.

Baca juga: Menparekraf ajak akademisi dan dunia usaha berkolaborasi

"Kita berharap ke depan bisa menyebarkan optimisme, vaksinasi ini menjadi salah satu langkah strategis, karena 80 persen masyarakat yang terpapar varian delta ini adalah mereka yang belum divaksin. Namun, setelah vaksin harus tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," imbuhnya.

Menparekraf menjelaskan, dari data yang dihimpun Kemenparekraf, hingga saat ini masyarakat di sektor parekraf yang sudah divaksin masih di bawah 5 persen, sedangkan target yang ingin dicapai adalah 90-95 persen dari 34 juta masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sektor Parekraf dapat divaksin.

"Presiden mengarahkan kita untuk memiliki sense of crisis, oleh karena itu kita harus memiliki tanggung jawab mudah-mudahan ini bisa kita dorong, lantaran sektor parekraf ini paling banyak berinteraksi dengan masyarakat, terutama di sentra-sentra ekonomi kreatif bisa mencapai," kata dia.

"Oleh karena itu, 3 juta target vaksinasi per hari harus dikolaborasikan bersama para stakeholder, dan ujungnya bisa memulihkan ekonomi seperti sedia kala dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Menparekraf dorong lokasi wisata jadi sentra vaksinasi COVID-19

Menparekraf Sandiaga juga menanggapi rencana perpanjangan PPKM darurat hingga akhir Juli 2021.

Pihaknya akan mendukung penuh perpanjangan PPKM darurat untuk mengurangi mobilitas masyarakat dan mencegah penyebaran COVID-19 varian delta dengan menyiapkan beberapa program percepatan.

"Kami dukung secara all out, karena PPKM darurat bisa menekan angka penularan COVID-19," kata dia.

Lebih lanjut, Menteri Sandiaga mengatakan pihaknya melakukan tiga hal dalam penanganan pandemi. Pertama adalah membantu program vaksinasi. Kedua pemetaan kebutuhan fasilitas kesehatan, dengan hotel-hotel dikonversi menjadi tempat peristirahatan para nakes, dan menawarkan hotel-hotel untuk tempat isolasi bagi pasien bergejala ringan atau sedang.

Baca juga: Menparekraf resmikan sentra vaksinasi COVID-19 di STP Bandung

"Ketiga kita juga aktif menyiapkan program-program pemulihan, agar bisa membantu masyarakat yang terdampak pandemi," katanya.

Komandan SESKO AU Samsul Rizal menambahkan, pihaknya mendukung program vaksinasi di wilayah Bandung Barat yang akan dilaksanakan pada 21 Juli sebagai upaya dari semua pihak untuk membantu memulihkan perekonomian di sektor parekraf.

"Kami ditargetkan 10 ribu penerima vaksin dosis pertama, hingga saat ini yang sudah mendaftar sebesar 8.900, mudah-mudahan tercapai target tersebut," kata Samsul.

"Kami dari Sesko AU akan bekerja sama dengan semua pihak, untuk mendukung program pemerintah mengakhiri pandemi COVID-19 dan memutus mata rantai penyebarannya," pungkasnya.

Baca juga: Sandiaga harapkan peran aktif mahasiswa bantu pulihkan sektor parekraf

Baca juga: Menparekraf minta perguruan tinggi cari solusi hadapi pandemi

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemenparekraf dorong UMKM maksimalkan digitalisasi keuangan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar