selain ramah lingkungan juga dapat mengurangi sampah plastik
Jakarta (ANTARA) - Baznas Baziz Jakarta Timur mendistribusikan sebanyak 101.000 bongsang atau keranjang dari anyaman bambu untuk wadah daging kurban bagi masyarakat, saat Idhul Adha 1442 Hijriah.

Koordinator Baznas Bazis Jakarta Timur, Eka Nafisa mengatakan tujuan pendistribusian kemasan ramah lingkungan tersebut untuk menggantikan kantong plastik sebagai wadah daging kurban.

"Penyediaan bongsang untuk didistribusikan ke 10 kecamatan di wilayah Jakarta Timur," kata Eka Nafisa di Jakarta, Sabtu.

Eka menambahkan pendistribusian bongsang itu juga merupakan upaya tindak lanjut dari Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan.

Selain dibagikan seluruh kecamatan, kata Eka, masyarakat juga dapat datang sendiri untuk mengambil bongsang yang telah disediakan di lobi gedung Blok D Kantor Wali Kota Jakarta Timur.

Eka berharap pendistribusian bongsang sebagai wadah daging kurban dapat mengurangi sampah plastik di Jakarta.

"Bongsang juga mengingatkan dengan tradisi budaya Betawi, selain ramah lingkungan juga dapat mengurangi sampah plastik di wilayah DKI Jakarta khususnya Jakarta Timur," ujar Eka Nafisa.

Baca juga: Pemkot Jaktim gandeng tokoh agama untuk sosialisasi perayaan Idul Adha
Baca juga: Pemprov Jatim imbau Shalat Idul Adha 1442 Hijriah di rumah

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021