Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) mengajak jajaran organisasi kemasyarakatan (Ormas) khususnya Ormas Islam di Indonesia untuk meningkatkan silarahmi guna meningkatkan kebersamaan, persaudaraan, keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Ajakan tersebut dikemukakan Ketua Umum DPP LDII Prof Dr KH Abdullah Syam dalam acara Halal Bihalal jajaran LDII dengan sejumlah Ormas Islam, di Jakarta, kemarin malam, yang bertemakan "Kita Tingkatkan Kebersamaan, Keamanan dan Ketertiban Masyarakat".

Hadir dalam acara itu antara lain Ketua MUI Pusat Prof Dr Umar Shihab, anggota DPD-RI AM Fatwa, perwakilan PP Muhammadiyah yakni Abdul Mu'ti, perwakilan PBNU Dr Malik Madani dan Ketua Partai Gerindra Prof Dr Suhardi, Kombes Pol Muktiyanto dari Mabes Polri dan unsur tokoh masyarakat.

Menurut Abdullah Syam, melalui Halal Bihalal, LDII ingin mendorong jajaran Omas Islam untuk meningkatkan saling silaturahmi sehingga terjadi peningkatan kebersamaan dan persaudaraan guna mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat di seluruh Indonesia.

"Kami prihatin dimana akhir-akhir ini di sejumlah daerah terdapat ketidakharmonisan hubungan antar warga masyarakat, sehingga sudah saatnya jajaran Ormas Islam, para tokoh masyarakat dan tokoh adat untuk meningkatkan ajang silaturahmmi dan kebersamaan agar terjaga kamtibmas," katanya.

Abdullah juga menyatakan, LDII mendorong ajang silaturahmi antar Ormas Islam dan tokoh masyarakat perlu dilanjutakan tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, bahkan desa/kelurahan hingga tingkat RT/RW.

"DPP LDII juga akan melanjutkan ajang silaturahmi ke dalam forum yang lebih luas dan ke masyarakat tingkat bawah serta akan mengadakan seminar tentang upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat," ujarnya.

Di samping itu, katanya pihak Polri, juga berencana mengadakan pertemuan dengan jajaran Ormas termasuk Ormas Islam, untuk meningkatan kebersamaan dan persauadaran dalam meningkatan Kamtibmas tersebut.

Sementara itu, Prof Dr Umar Shihab mengatakan, makna Halal Bihalal yaitu baik, suci dan sempurna sehingga dapat menjadi landasan ajang silaturahmi untuk meningkatkan tali persaudaraan, kebersamaan, keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

Inisiatif LDII untuk meningkatkan ajang silaturahmi khususnya di kalangan ormas Islam perlu dicontoh, sehingga meningkat tali persaudaraan dan kebersamaan dalam mewujudkan kemaslahatan umat dan masyarakat, katanya.(*)
(ANT/R009)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010