Olimpiade

Anggota kontingen Ceko terdeteksi idap COVID-19 setiba di Tokyo

Anggota kontingen Ceko terdeteksi idap COVID-19 setiba di Tokyo

Detail bola yang akan digunakan pada ajang bola basket 3x3 pada Olimpiade Tokyo 2020di Jepang (17/7/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Kai Pfaffenbach/aww.

Jakarta (ANTARA) - Seorang staf anggota kontingen Republik Ceko untuk Olimpiade Tokyo dinyatakan positif Covid-19 setelah mendarat di ibu kota Jepang itu, demikian Komite Olimpiade Ceko dalam sebuah pernyataan pada Sabtu.

"Sayangnya terlepas dari semua upaya yang ada, kami tidak dapat menghindari situasi ini," kata Martin Doktor, kepala tim Olimpiade Ceko.

"Semua anggota tim lainnya dinyatakan negatif dan semua atlet baik-baik saja di pemukiman Olimpiade," tambah juara Olimpiade dua kali di nomor sprint kano pada Olimpiade Atlanta 1996 itu.

Baca juga: Panpel Olimpiade laporkan kasus COVID-19 pertama di Kampung Atlet
Baca juga: Tim Korea Selatan turunkan spanduk di kampung atlet Olimpiade


Dikutip dari AFP, staf tersebut mendapati tes antigen positif saat berada di bandara dan infeksi terkonfirmasi melalui analisis PCR berikutnya.

Pria yang tidak menunjukkan gejala penyakit itu saat ini diisolasi bersama beberapa anggota tim lainnya yang diidentifikasi berkontak dekat dengannya saat di pesawat.

Sebelumnya panitia Olimpiade mengatakan bahwa mereka menemukan kasus Covid-19 pertama di pemukiman Olimpiade pada Sabtu, enam hari sebelum diselenggarakannya upacara pembukaan.

Baca juga: Kontingen Indonesia bertolak ke Tokyo, siap tampil di Olimpiade
Baca juga: Jerman tinggalkan laga persahabatan Olimpiade akibat perilaku rasis
Baca juga: COVID-19 melanda kampung atlet, IOC minta dukungan warga Jepang

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KONI: PON XX Papua berkaca pada Olimpiade Tokyo 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar