Jakarta (ANTARA) - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak usaha PT Medika Komunika Teknologi (KlikDokter) bekerja sama dengan PT Anabatic Technologies Tbk (ATIC) meluncurkan layanan isolasi mandiri (isoman) bagi pasien terkonfirmasi COVID-19 tanpa gejala maupun gejala ringan di Griya Anabatic yang terletak di Bojong Nangka Kelapa Dua, Tangerang, Banten.

"Kalbe mengapresiasi kolaborasi antara KlikDokter dengan Griya Anabatic dan berharap banyak masyarakat yang terbantu dalam menjalankan isolasi mandiri. KlikDokter akan melakukan pelayanan kesehatan dan penyediaan obat serta vitamin, sedangkan tempat isolasi mandiri disiapkan oleh Griya Anabatic," kata Direktur Kalbe E-Health, Michael Bujung Nugroho, melalui keterangannya, Minggu.

Baca juga: LOKET dan Kalbe distribusi nutrisi dukung vaksinasi COVID-19 lansia

Pasien COVID-19 tanpa gejala atau dengan gejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan dan konsultasi kesehatan dari KlikDokter. Pasien juga akan diberikan paket vitamin, oxymeter, termometer dan perawat yang siaga 24 jam.

Griya Anabatic yang memiliki kapasitas 192 kamar juga dilengkapi jaringan wifi yang mendukung pasien COVID-19 tanpa gejala untuk tetap dapat menjalankan aktivitasnya. Peluncuran layanan isoman KlikDokter di Griya Anabatic ini dilakukan secara virtual dengan dihadiri oleh perwakilan Bupati Tangerang, manajemen PT Kalbe Farma Tbk, KlikDokter dan PT Anabatic Technologies Tbk.

Lebih lanjut, Michael berharap pasien COVID-19 tanpa gejala ataupun dengan gejala ringan mendapatkan perawatan yang baik dan dapat kembali ke rumah dalam kondisi sehat dan tidak menularkan penyakit kepada yang lain.

Menambahkan, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar berterima kasih dan mengapresiasi langkah kolaborasi KlikDokter dan Griya Anabatic dalam program isolasi mandiri ini.

“Kami berharap dengan dibukanya layanan isoman KlikDokter dan Griya Batik, selain dapat menekan tingkat laju penyebaran COVID-19 sekaligus dapat dijadikan contoh dan menggugah pihak lain untuk dapat melakukan hal yang sama di kabupaten Tangerang,” kata Ahmed Zaki.

“Penanganan dan pencegahan virus COVID-19 tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, semua pihak harus hadir dan turut serta secara aktif memerangi virus ini agar dapat ditekan, dan pada akhirnya dihilangkan,” lanjutnya.

Ahmed Zaki juga menambahkan Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang sangat terbuka dan siap membantu pelaksanaan layanan isoman ini. Ia berharap dapat terus terjalin komunikasi, koordinasi dan saling sinergi sehingga layanan isoman dapat berjalan dengan baik dan terintegrasi.

CEO KlikDokter Dino Bramanto mengatakan, meskipun hanya pasien COVID-19 tanpa gejala atau gejala ringan saja yang bisa memanfaatkan isoman di Griya Anabatic, KlikDokter akan terus melakukan pemantauan selama 24 jam serta melengkapi kebutuhan suplemen vitamin dan obat.

Presiden Direktur ATIC Harry Sujanto dan Presiden Komisaris dan Komisaris Independen ATIC Ignatius Jonan menambahkan, pihaknya berharap dapat turut berkontribusi mengurangi potensi penularan virus COVID-19 di tingkat keluarga serta meningkatkan jumlah tingkat kesembuhan pasien covid bergelaja ringan dan tanpa gejala.

“Saya berharap bahwa pasien COVID-19 tanpa gejala atau dengan gejala ringan, dapat pulang ke rumahnya dengan sehat,” kata Jonan.

Baca juga: Industri kesehatan dinilai perlu kolaborasi untuk mandiri

Baca juga: Peneliti ungkap sejumlah kelebihan vaksin GX-19N

Baca juga: Uji klinis vaksin GX-19N di Indonesia melibatkan 1.000 relawan

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021