Jayapura (ANTARA News) - Tim Gabungan Sepakbola Wanita (Galanita) Papua, berhasil maju ke final Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sepakbola Wanita 2010, setelah menang telak atas tim Galanita Sumatera Utara dengan skor 7-0 pada Jumat kemarin (8/9) dan akan menghadapi tim Jawa Barat pada hari ini.

Pertandingan yang berlansung di lapangan Ragunan, Jakarta berjalan cukup a lot antara kedua tim, namun permain tim Galanita Papua, yang di wakili oleh tim Galanita Kabupaten Tolikara, lebih mengusai jalannya pertandiingan.

Babak pertama hanya menghasilkan 1- 0 bagi kemenangan tim Galanita Papua, yang terjadi akibat gol bunuh diri oleh salah satu pemain Galanita Sumatera Utara.

Memasuki babak kedua, tim Galanita Papua menambah pundi-pundi gol mejadi 7-0, dimana masing-masing dicetak oleh Diana Tebai 2 gol, Heni Jigibalom 1 gol serta Hermina Tabuni dan Regina Wonda.

Kesuksesan pemain Galanita bukan sekali ini, namun sebelumnya telah membantai Bangka Belitung dengan skor 4-0 dan pada partai perdana menang 1-0 atas DKI Jakarta.

Pelatih Tim Sepakbola Wanita Papua, Amos Rumbino, mengatakan bahwa dirinya berterimkasih kepada pemain yang bisa membawa tim dari Indonesia timur ini lolos ke partai Final.

"Selanjutnya kami akan menghadapi TIM Galanita Jawa Barat (Jabar), karena tim Jabar Jumat kemarin (8/9) telah mengalahkan DKI Jakarta 2-0," ujar Amos Rumbino, kepada pers di Jayapura via handpone dari Jakarta, Sabtu.

Perlu diketahui Kejuaraan Nasional Sepakbola Wanita 2010, diikuti tujuh (7) daerah masing-masing, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogjakarta, Bangka Belitung, Sumatera Utara, Banten, dan Papua.

Tim yang berpartisipasi dalam kejuaraan ini memang mengalami penurunan jumlah dari sebelumnya sepuluh tim yang akan ikut.

Antara lain tim yang batal ikut adalah dari Jawa Timur, Papua Barat dan Sulawesi Tenggara membatalkan diri karena beberapa alasan.

Dirinya berpesan, agar pemain dapat menjaga stamina dan kesehatannya serta membangun kekompakan dalam tim, baik di lapangan maupun luar lapangan.

"Hal ini penting agar dalam partai final ada kerjasama untuk mencapai kemenangan yang lebih besar karena pada prinsipnya siapapun lawannya kami siap," tandasnya.  (ANT-186/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010