Khofifah instruksikan Satpol PP kedepankan empati awasi PPKM darurat

Khofifah instruksikan Satpol PP kedepankan empati awasi PPKM darurat

Arsip foto - Salah satu warung kopi di Surabaya yang disegel aparat Satpol PP dan Polda Jawa Timur karena melanggar aturan jam malam saat PSBB lalu. ANTARA/HO-Bidhumas Polda Jatim.

Kepada seluruh personel Satpol PP di Jatim, saya instruksikan untuk tetap humanis dan manusiawi dalam pengawasan PPKM darurat
Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menginstruksikan kepada seluruh jajaran Satuan Polisi Pamong Praja se-Wilayah setempat mengedepankan sisi empati dalam pengawasan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

"Kepada seluruh personel Satpol PP di Jatim, saya instruksikan untuk tetap humanis dan manusiawi dalam pengawasan PPKM darurat,” ujar Khofifah dalam postingan yang diunggah di akun instagram pribadinya, @khofifah.ip pada Minggu siang.

Ia meminta personel melakukan pendekatan yang baik dan tetap tegas, namun jangan ada arogansi dan sikap berlebihan kepada masyarakat.

Di akhir kalimat postingannya, orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut juga mendoakan seluruh masyarakat selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT.

"Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan dan melindungi kita semua," tulis gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.

Baca juga: Khofifah: Percepatan vaksinasi Jatim terkendala pasokan

Baca juga: Khofifah minta forkopimda siagakan armada jamin ketersediaan oksigen


Postingan Khofifah mendapat respons positif dari warganet dan mendukung instruksi gubernur yang mengingatkan Satpol PP bersikap lebih humanis, terutama saat menggelar sosialisasi serta patroli PPKM darurat.

Salah seorang warganet, @albar.nia.52 berkomentar dukungan dan berharap Satpol PP lebih amanah dan merangkul masyarakat.

"Aaminn YRA. Semoga para bapak2 Satpol PP lebih amanah, merangkul masyarakat. Kedepankan komunikasi & edukasi, bukan arogansi. Jatim bisa,” tulis dia di kolom komentar.

Instruksi gubernur sekaligus menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian Bernomor 440/3929/SJ tentang penertiban PPKM dan percepatan pemberian vaksin bagi Masyarakat.

Pada SE yang ditujukan kepada kepala daerah tersebut, salah satu poin-nya adalah memerintahkan jajaran Satpol PP di daerah masing-masing untuk mengutamakan langkah-langkah yang profesional, humanis dan persuasif dalam pelaksanaan PPKM.

Beberapa hari terakhir melalui berbagai tayangan di media sosial, viral video tentang patroli Satpol PP yang berdebat, bahkan bersitegang dengan masyarakat.

Di sisi lain, viral juga video personel Satpol PP yang melakukan tugasnya secara humanis, bahkan memberikan bantuan langsung berupa paket sembako, termasuk uang tunai kepada pedagang.

Sementara itu, Kasatpol PP Jatim Budi Santoso menegaskan siap menindaklanjuti arahan Gubernur Jatim dan berkoordinasi dengan seluruh Satpol PP kabupaten/kota agar mengedepankan humanis saat berada di lapangan.

"Kami juga sudah mengimbau bahwa saat melaksanakan pengawasan PPKM darurat harus berempati. Jangan lupa siapkan sembako untuk membantu saudara-saudara kita," tutur dia.

Baca juga: Khofifah: Pengamatan dari udara terjadi pengurangan volume kendaraan

Baca juga: Pesan Gubernur Jatim kepada bupati/wali kota terkait PPKM darurat

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Khofifah kaitkan demokrasi dengan peningkatan layanan publik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar