Jakarta (ANTARA) - Max Verstappen pada Minggu harus mengakhiri perjuangannya di Grand Prix Inggris, Sirkuit Silverstone, lebih dini setelah terlibat insiden dengan juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton di lap pertama.

Penonton yang memadati sirkuit Silverstone hari itu langsung dihibur dengan persaingan ketat Verstappen dan Hamilton yang saling berebut posisi di lap pertama.

Verstappen dengan baik memanfaatkan pole position, tapi Hamilton mampu melaju lebih kencang dari mobil Red Bull di depannya.

Baca juga: Verstappen pecundangi Hamilton di sprint race untuk pole GP Inggris

Duel kedua rival itu mencapai puncaknya ketika Hamilton yang berusaha menyalip, menyenggol ban kanan belakang Verstappen sehingga menyebabkan sang pebalap Red Bull kehilangan kendali hingga menabrak pagar pembatas di tikungan Copse cukup kencang, demikian laman resmi Formula 1.

Bendera merah dikibarkan dan balapan dihentikan sementara. Verstappen keluar dari mobilnya dibantu para marshal dan menjalani cek medis sedangkan para pebalap lainnya kembali ke pitstop.

George Russell start dari P12 setelah mendapat penalti mundur tiga posisi grid menyusul senggolan dengan Carlos Sainz di sprint race, Sabtu.

Sergio Perez harus start dari jalur pit karena Red Bull melakukan penggantian komponen mobil menyusul kecelakaan yang ia alami di sprint race.

Menuju Silverstone, Verstappen memiliki keunggulan 33 poin atas Hamilton di klasemen pebalap setelah memenangi sprint race pada Sabtu.

Baca juga: Hamilton rebut pole untuk sprint race GP Inggris
Baca juga: Verstappen tercepat di FP1 GP Inggris

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021