Target kami adalah masyarakat maritim, baik yang ada di pesisir maupun yang ada di kepulauan
Makassar (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal VI) Makassar giat melakukan serbuan vaksin kepada masyarakat maritim yang ada di pulau-pulau untuk membantu Pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Lantamal VI Letkol Laut (K) David Langgeng mewakili Komandan Lantamal VI Makassar Laksamana Pertama TNI Benny Sukandari, di Makassar, Sulawesi Selaran, Minggu, mengatakan, serbuan vaksin yang dilaksanakannya juga disambut positif oleh masyarakat.

"Target kami adalah masyarakat maritim, baik yang ada di pesisir maupun yang ada di kepulauan," ujarnya.

Dia mengatakan, serbuan vaksin maritim itu bagian dari program "herd immunity" atau ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu, sehingga memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka terhadap virus mematikan tersebut.

Letkol David Langgeng menyatakan, pelabuhan adalah sebagai pintu masuk mobilitas masyarakat melalui laut, bahkan Proyek New Port juga menjadi tempat strategis masuknya segala aktivitas material dan masyarakat di pelabuhan.

"Dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19 di Makassar, kali ini kami kembali mengelar serbuan vaksin masyarakat maritim di Proyek Perumahan (PP) New Port Makassar," katanya pula.

Dalam serbuan vaksinasi ini, tim kesehatan Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VI didukung oleh beberapa pemangku kepentingan di Kota Makassar telah bahu-membahu bekerja sama untuk mengejar target Pemerintah dalam mencapai 1 juta vaksin per hari.

Pada kegiatan itu, tim juga berhasil memberikan suntikan vaksin kepada 279 orang yang beraktivitas maupun yang bermukim di sekitar PP New Port Makassar.
Baca juga: Warga maritim-pesisir di Tarakan-Kaltara divaksinasi Lantamal XIII
Baca juga: 12.500 orang dari masyarakat maritim di Makassar sudah divaksin

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021