Pengurus Masjid Sunda Kelapa sembelih hewan kurban di RPH

Pengurus Masjid Sunda Kelapa sembelih hewan kurban di RPH

Dokumentasi - Suasana Masjid Sunda Kelapa ketika menjalankan ibadah shalat Id di Jakarta, Kamis (13/5/2021). (ANTARA/Prisca Triferna)

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, berencana melakukan penyembelihan hewan kurban di rumah pemotongan hewan (RPH) demi mencegah kerumunan di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Untuk kurban, kita sudah bekerjasama dengan rumah pemotongan hewan (RPH) dan vendor. Jadi pemotongan kurban dilakukan di RPH Tapos," kata Sekretariat Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa, Akhmad Zaini Arifin saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Zaini menjelaskan, panitia dan pengurus masjid telah melakukan peninjauan ke tempat penampungan hewan kurban, untuk dipilih dan dicek kesehatan serta kelayakannya sebelum disembelih.

Pihak masjid juga sebelumnya telah mengimbau kepada warga yang ingin melakukan kurban, dapat membayar dengan uang tunai.

Namun demikian, ada juga jamaah maupun pejabat yang menyerahkan hewan kurban ke Masjid Sunda Kelapa. Panitia pun sudah melakukan persiapan agar penyembelihan hewan kurban di masjid dapat sesuai dengan protokol kesehatan.

"Ada juga jamaah dan pejabat yang menitipkan hewan kurbannya di masjid. Memang tidak banyak. Itu nanti akan kita potong di sini. Untuk menghindari kerumunan, akan kita laksanakan malam hari," kata Zaini.

Baca juga: Masjid Sunda Kelapa terapkan protokol kesehatan saat Shalat Jumat
Baca juga: Kuliner Masjid Sunda Kelapa yang bikin kangen


Saat pemotongan hewan kurban dilakukan pada malam hari, seluruh gerbang Masjid Sunda Kelapa akan ditutup, kecuali untuk pengurus, karyawan dan perwakilan dari "shohibul qurban" (orang yang berkurban).

Sejauh ini, Masjid Agung Sunda Kelapa telah menerima 10 ekor sapi dan 10 ekor kambing. Distribusi daging akan dilakukan segera setelah pemotongan selesai.

Daging kurban nantinya akan didistribusikan ke sejumlah mushola yang telah diseleksi, yakni yang letaknya berdekatan dengan Masjid Sunda Kelapa, berada di daerah permukiman padat penduduk serta dinilai amanah.

"Kita pastikan bahwa orang yang mengajukan proposal ini adalah yang amanah. Kita juga lihat lagi ke mushalanya untuk kita seleksi," kata Zaini.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wagub DKI apresiasi pemotongan hewan kurban di RPH

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar