"Macan" Luncurkan Album ke-3

Surabaya (ANTARA News) - Grup musik rock "Macan" asal Surabaya, Sabtu malam, meluncurkan album ke-3 bertajuk "Hijau" yang membawa pesan pelestarian alam.

Peluncuran album di Monumen Kapal Selam (Monkasel) Surabaya itu melanjutkan penampilan mereka dalam "Konser Tiga Dekade Log Zhelebour" 8 Oktober lalu.

Penampilan grup band itu membuat area Monkasel Surabaya berubah menjadi ajang "rock and roll" dengan motor gede sebagai latar panggung.

Album dengan lagu unggulan bertajuk "Hijau" itu mencantumkan tujuh lagu yakni Hijau, Putus Asa, Mungkin Tak Mungkin, Paling Bajingan, Pesta Pora, Buah Hati, dan Pengecutkah Aku.

Grup band rock yang terbentuk pada tahun 1995 itu memiliki formasi awal AhMad (ex vokalis Gaspierro Gyras), Deddy Boe (ex drummer Gaspierro Gyras), Chandra (ex basis Wells Crew), Gatuk Gondes (ex gitaris Surabaya Rock Band), dan Jessy Limpar (ex gitaris Wells Crew).

"Grup itu konsisten mengusung aliran musik `Shock Rock` atau lebih dikenal dengan `Glam Rock` karena terinspirasi band-band mancanegara seperti Skid Row, Motley Crue, AC/DC, Ozzy Osbourne, Kiss, dan sejenisnya," kata Humas Konser, Sasa P.

Sesuai komitmen para personelnya, grup Macan sejak awal terbentuk menyajikan lagu-lagu karya sendiri. "Sebuah pilihan yang sangat berisiko pada saat itu, tetapi tren publik saat ini beranganggapan tidak populis bila kelompok musik hanya membawakan lagu-lagu milik band lain," katanya.

Pada tahun 2000, grup Macan merilis Album pertama (major label) bertitel "Yang Pertama" yang diproduksi oleh Logiss Record.

Setelah keluarnya album pertama tersebut, grup itu mengalami "stagnasi" karena pergantian beberapa personel.

"Dengan formasi bentukan baru yang terdiri dari, AhMad (vocal), Gatuk (guitar), Chandra (bass), Upick (drum), Ronnie (additional guitar), maka Macan mengeluarkan Album II dengan titel "Dua Arah" pada tahun 2007," katanya.

Bagi Macan, album "Dua Arah" tersebut terasa sangat istimewa, karena persiapan materi lagunya yang selama hampir tiga tahun, sedangkan proses rekamannya sangat sederhana, karena dilakukan secara "live" dan bahkan tanpa metronome.

"Memasuki tahun 2010, dengan formasi anyar Iroel M-pal (vox), Gatuk (guitar), Iqbal (guitar), Chandra (bass), dan Upick (drum), grup Macan merilis album ketiga yang bertajuk `Hijau`," katanya.

(ANT/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Pameran ‘Dunia Dalam Berita’ di Museum Macan

Komentar