Indeks STOXX 600 pan-Eropa turun 1,2 persen pada pukul 07.08 GMT, mencapai level terendah dalam hampir dua minggu
Jakarta (ANTARA) - Saham Eropa jatuh pada awal perdagangan, Senin, dipimpin saham perjalanan di tengah kekhawatiran varian Delta yang menyebar cepat dapat menghambat permintaan perjalanan dan memperlambat pemulihan ekonomi global yang sedang berlangsung.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa turun 1,2 persen pada pukul 07.08 GMT, mencapai level terendah dalam hampir dua minggu.

Indeks DAX Jerman turun 1,1 persen dan CAC 40 Prancis turun 1,2 persen. Indeks FTSE 100 Inggris turun 1,3 persen karena meningkatnya kasus virus membayangi optimisme tentang pembukaan kembali Inggris, sebut Reuters.

Saham perjalanan dan liburan turun 2,3 persen. Pemerintah Inggris mengatakan pada Jumat bahwa pihaknya membatalkan rencana relaksasi aturan karantina COVID-19 untuk pelancong dari Prancis.

Saham operator pelayaran Carnival Plc yang terdaftar di Inggris, maskapai easyJet dan pemilik British Airways IAG semuanya turun antara 4 persen dan 6,5 persen pada awal perdagangan.

Perusahaan minyak utama seperti BP dan Royal Dutch Shell turun lebih dari 1,5 persen, terpukul oleh penurunan harga minyak mentah setelah OPEC+ setuju untuk meningkatkan produksi.

Baca juga: Kekhawatiran virus dan inflasi kirim FTSE 100 ke terendah dua bulan
Baca juga: Saham China dibuka lebih rendah setelah mencatat kenaikan mingguan
Baca juga: Saham Asia terus merugi tertekan ketakutan virus baru dan inflasi


Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021