Jakarta (ANTARA) - Damian Lillard mengemas 19 poin, enam assist dan empat steal saat tim nasional bola basket Amerika Serikat (AS) memetik kemenangan 83-76 atas tim Spanyol dalam pertandingan terakhir pra-Olimpiade pada Minggu di Las Vegas (Senin WIB).

Keldon Johnson, yang baru dimasukkan ke line-up tim menggantikan Bradley Beal yang terinfeksi COVID-19, mencetak 15 poin dalam 17 menit.

Johnson, pemain San Antonio Spurs yang baru saja menyelesaikan musim NBA keduanya, cukup akrab dengan pelatih tim basket AS Gregg Popovich karena ia juga merupakan pelatih Spurs.

"Keldon Johnson baru saja memainkan permainan bola basket yang solid. Dia menembak ketika dia dalam posisi terbuka dan langsung mencetak poin,” kata Popovich dikutip dari Reuters, Senin.

Sebelumnya, tim AS mengalami tiga kekalahan dalam pertandingan pra-Olimpiade, yaitu dari Nigeria pada 10 Juli dan Australia pada 12 Juli dan kekalahan dari Argentina pada 13 Juli.

Meski demikian, sang pelatih mengaku terkesan dengan pernampilan timnya pada Minggu, dan ia pun meminta agar para pemainnya tidak cepat merasa puas.

"Kami menjadi lebih baik dari hari ke hari. Sedikit-sedikit, tetapi terus membaik. Menemukan kembali pola permainan kami adalah hal terbaik yang dapat kami lakukan dengan grup ini," ujar Popovich.

Kevin Durant mengumpulkan 14 poin, meskipun ia hanya melepaskan 5 dari 13 tembakan di lapangan, sementara Zach LaVine membukukan 13 poin dalam 22 menit lewat 5 dari 8 tembakan, termasuk 3 dari 5 lemparan tiga angka.

Ricky Rubio mencetak angka tertinggi dalam laga tersebut dengan 23 poin dalam 23 menit untuk tim Spanyol. Marc Gasol menambahkan 10 poin dan lima rebound, kemudian Willy Hernangomez menyumbang 11 poin.

Tim bola basket AS akan membuka pertandingan Olimpiade mereka pada 25 Juli melawan Prancis.

Baca juga: Kevin Love mundur dari tim basket Olimpiade AS
Baca juga: Tim basket AS batalkan laga eksibisi kontra Australia karena COVID-19
Baca juga: Bradley Beal diragukan tampil dalam Olimpiade karena protokol COVID-19


Penerjemah: Rr. Cornea Khairany
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021