Jakarta (ANTARA) - Petugas gabungan dari Polri, TNI, dan pemerintah daerah membagikan 250 paket bantuan bahan pokok dan rendang kepada warga di kawasan padat penduduk Grogol Petamburan, Jakarta Barat bertepatan dengan perayaan Idul Adha 2021.

"Kita memberikan bantuan beras dan ada satu titipan dari bapak Kapolda Metro Jaya, yaitu rendang dalam rangka memperingati hari Idul Adha," kata Kapolsek Tanjung Duren Komisari Polisi Rosana Albertina Labobar di lokasi pembagian bantuan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Selasa.

Menurut Rosana, paket ini dibagikan kepada warga yang menjalani isolasi mandiri dan terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.
 
Petugas berkeliling menemui warga di wilayah Grogol Petamburan untuk menyalurkan paket bantuan tersebut.
 
Baca juga: Wagub DKI beli sapi kurban dari peternak di Jakarta Selatan

Sejauh ini, petugas telah membagikan paket bantuan kepada warga di pemukiman rumah liar depan Mal Taman Anggrek dan selum area (wilayah padat penduduk) di kawasan Jelambar, Grogol.
 
"Ada beberapa titik yang pasti di seluruh wilayah Grogol Petamburan," kata Rosana.
 
Salah satu warga Ali (22) mengapresiasi upaya tiga pilar membantu kebutuhan dapur saat perayaan Idul Adha. Warga pemukiman liar depan Mal Taman Anggrek itu mengaku kerap mendapat bantuan dari Polsek Tanjung Duren selama pandemi.
 
"Saya sudah tiga kali dapat. Kalau dari RT saya yang lama saya enggak pernah dapat," kata pria yang sehari-hari bekerja sebagai pemulung ini.
 
Ali pun berharap bantuan tersebut terus tersalurkan sehingga warga tak kesulitan mencari kebutuhan pokok selama PPKM Darurat.
 
Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan telah menyiapkan delapan ton daging sapi untuk dijadikan rendang dan dibagikan ke warga.

Baca juga: Petugas gabungan patroli dan bagikan daging kurban saat Idul Adha
 
Delapan ton daging sapi itu merupakan bagian dari 200 ekor sapi yang disumbangkan Polda Metro Jaya untuk dibagikan kepada warga, termasuk 80 ekor disembelih yang dibagikan kepada panti asuhan dan majelis taklim.

"Terus sisanya delapan ton saya kerja sama dengan beberapa restoran padang di Jakarta dalam bentuk rendang dan saya bagi ke rumah-rumah," kata Kepala Polisi Daerah Polda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Jakarta, Senin.
​​
Hidangan rendang itu nanti akan dibagikan petugas pemantau di sejumlah titik penyekatan kawasan Jakarta kepada warga sekitar ketika Idul Adha.
 
Dalam prosesnya, Fadil menggandeng rumah makan khas Padang dan beberapa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memproduksi rendang tersebut.
 
​​​​Tidak hanya rendang, petugas juga akan membagikan paket bantuan sosial (Bansos) di sekitar titik penjagaan.

Baca juga: Polda Metro "sulap" delapan ton sapi jadi rendang untuk warga DKI

Pewarta: Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021