Tanjungpinang (ANTARA News) - Sebanyak 20 dari 59 orang calon haji Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, berusia lanjut di atas 60 tahun, kata Kepala Kantor Kementerian Agama Bintan, Arusman Yusuf.

"Kondisi calon haji yang berusia lanjut dalam keadaan sehat dan siap untuk diberangkatkan ke Embarkasi Batam pada Selasa (12/10), sebelum menuju Tanah Suci," kata Arusman di Tanjungpinang, Senin.

Arusman mengatakan, calon haji Bintan akan diberangkatkan dari dua pelabuhan menuju Batam, yaitu dari Pelabuhan Sri Bayintan, Kijang dan Tanjung Uban, Bintan pada Selasa pagi.

"Sebanyak 20 orang akan diberangkatkan dari Uban dan 39 orang lainnya akan dilepas oleh Bupati Bintan dari Pelabuhan Kijang," katanya.

Menurut dia, calon haji dari Bintan akan tergabung di kelompok terbang (kloter) kedua dengan calon haji asal Batam dan Karimun, serta diberangkatkan ke Mekkah pada Rabu (13/10).

"Kami berharap tidak ada calon haji yang sakit sebelum berangkat ke Tanah Suci (Madinah dan Mekkah)," kata berharap.

Mengenai barang bawaan calon haji, menurut dia maksimal sebanyak 32 kg/orang dan tidak memasukkan benda-benda berbahaya ke dalam barang bawaan.

"Bahan berbentuk cairan tidak diperbolehkan dimasukkan dalam barang bawaan yang masuk bagasi," katanya. (ANT-029/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010