Jakarta (ANTARA) - Berita-berita tentang Idul Adha dan varian delta virus COVID-19 masih menjadi tulisan terpopuler di kanal ekonomi Antaranews.com pada Selasa kemarin (20/7/2021). Terbaru, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memastikan kebijakan penanganan pandemi melibatkan banyak pihak.

Sementara itu, Badan Pengelola Keuangan Haji menjamin pengelolaan dan keamanan dana haji milik masyarakat yang mencapai Rp14 triliun. Dana itu diinvestasikan pada surat berharga karena imbalan hasil yang bagus dan aman.

Berikut rangkuman berita populer ekonomi selengkapnya:


PPKM  libatkan akademis

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan pengambilan keputusan dan perencanaan dalam penanganan pandemi COVID-19 dengan menerapkan PPKM  selalu melibatkan banyak pihak termasuk akademisi dari berbagai kampus.

Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali itu juga menekankan bahwa pemerintah akan terus berupaya semaksimal mungkin memberikan yang terbaik dalam penanggulangan pandemi.

Baca selengkapnya di sini.


Hewan kurban Menteri Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berbagi 1.000 hewan kurban dengan bersinergi bersama tokoh agama, ormas Islam, pondok pesantren, lembaga pendidikan, serta 18 pimpinan organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) Islam kepada masyarakat di 17 provinsi di Indonesia.

Dia mengatakan berbagi hewan kurban dilakukan dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi COVID-19 dan penerapan PPKM yang berdampak pada ekonomi warga.

Baca selengkapnya di sini.


Dolar dan yen menguat

Mata uang safe-haven dolar AS, yen Jepang dan franc Swiss menguat pada akhir perdagangan kemarin waktu Indonesia, karena investor semakin khawatir tentang varian Delta virus Corona yang mengamuk yang dapat mengancam prospek pemulihan ekonomi global.

Tiga mata uang tersebut naik ketika imbal hasil obligasi pemerintah Amerika Serikat bertenor 10 tahun yang dijadikan acuan turun ke level terendah lebih dari lima bulan di 1,176 persen dengan penghindaran risiko menyebar di pasar keuangan.

Baca selengkapnya di sini.


Aturan perjalanan transportasi udara

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara merilis Surat Edaran Nomor 53 Tahun 2021 terkait persyaratan kesehatan yang harus dipenuhi pelaku perjalanan dalam negeri dengan moda transportasi udara.

Surat edaran itu mengecualikan penunjukan kartu vaksin bagi pelaku perjalanan dengan kepentingan khusus medis karena alasan medis berdasarkan keterangan dokter spesialis penyakit dalam, pasien dengan kondisi sakit keras dan ibu hamil yang didampingi oleh satu orang anggota keluarga.

Baca selengkapnya di sini.


Dana haji aman

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menjamin pengelolaan dan keamanan dana haji milik masyarakat yang pada 2021 telah mencapai Rp8 triliun dengan total penerimaan di atas Rp14 triliun. Ketua BPKH Anggito Abimanyu memastikan pihaknya juga terus memperkuat kelembagaan agar memiliki nilai manfaat yang cukup sehat dan membangun sustainabilitas keuangan.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021